jatimnow.com
Wisudawan Terbaik UWKS ini Naik Traktor Bajak Sawah Saat Wisuda Drive Thru

jatimnow.com - Universitas Wijaya Kusuma (UWK) Surabaya kembali menggelar wisuda drive thru pada semester genap tahun akademik 2020/2021 di halaman kampus di Jalan Dukuh Kupang, Sabtu (16/10/2021).

Prosesi wisuda drive thru kali keempat yang dilaksanakan selama pandemi itu, mengangkat tema “UWKS bersiap go international” dan diikuti ratusan wisudawan mulai jenjang D3, S1 dan S2.

Dalam moment tersebut terdapat pemandangan yang unik. Pasalnya mahasiswa terbaik dari Fakultas Pertanian, Andi Aruji mencuri perhatian dengan datang menaiki traktor bajak sawah ke lokasi wisuda.

Naik bersama rekan-rekannya, tampak senyum sumringah terpancar dari wajah Andi saat traktor yang dikemudikan oleh petani berjalan mendekati tempat prosesi wisuda.

"Saya tidak tau apa-apa, ini (traktor bajak sawah) disiapkan teman-teman (hadiah wisuda)," jelas Andi Aruji.

Andi berhasil lulus Magister Agribisnis dengan predikat cumlaude dengan nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,95.

Dalam tugas akhir kuliahnya, pria yang menjabat kepala biro administrasi kemahasiswaan dan kehumasan UWKS itu berhasil merampungkan tesis berjudul peluang pengembangan kopi rakyat sebagai destinasi wisata berwawasan agribisnis, adat, dan budaya di Desa Lombok Timur, Kecamatan Lumbok Seminung, Kabupaten Lampung Barat.

"Pada tesis ini memaparkan di sana paling banyak hasil bumi berupa biji kopi yang palin top, nah di tesis yang saya garap ini menggabungkan unsur kopi, adat, budaya menjadi satu kesatuan wisata, mendidik generasi muda mencintai budaya adat," bebernya.

Tak hanya itu, tambahnya. Untuk mendukung unsur tempat wisata disana juga banyak rumah panggung yang bagus, tetapi generasi muda kurang menggunakan itu.

Maka dari itu penelitiannya tersebut ingin menyuguhkan pembagunan wisata didesa setempat yang lokasinya juga dekat dengan Danau Ranau, didukung suhu dingin.

"Nah, gambaran di situ dibangunkan rumah panggung atau dibuatkan semacam gazebo dari rumah adat di sekitar kebun kopi, para wisatawan melihat hamparan kopi, melihat orang memetik kopi. Itu konsep yang saya bangun," ungkapnya.

Selanjutnya, pihaknya juga telah membuatkan sistematis pemesanan menu-menu suguhan dengan konsep modern yang dipadukan dengan tradisional. Artinya, Tesis ini yang merupakan pertama kali menggabungkan agribis dan budaya.

Mahasiswa terbaik dari Fakultas Pertanian, Andi Aruji 

"Kami sudah ngelink, memadukan konsep modern dengan tradisional. Misal yang memesan sudah bisa tahu dia pesan apa duduk di gazebo mana dan pesanan tersebut bisa langsung dikirimkan dimeja pemesannya," tuturnya.

Sementara itu, pria kelahiran Madiun, 4 Mei 1967 itu mengatakan jika dari hasil survei yang dilakukan dilokasi, 75 persen sangat setuju, 25 setuju. Kalau mengembangkan di sana pejabat pemerintah mewakili pengusaha, petani, masyarakat tokoh adat.

Ditempat yang sama Rektor UWKS, Prof. Dr. H. Widodo Ario Kentjono menuturkan dengan model wisuda drive thru selama pandemi ini, tujuannya sebagai upaya tetap membantu dalam menanggulangi penyebaran Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Meskipun wisuda ini dilaksanakan dengan cara drive thru tetapi tidak menghilangkan esensi dari prosesi wisuda, hanya yang membuat berbeda adalah kemasannya yang menyesuaikan dengan situasi pandemi," ujarnya.

"Sebelum pelaksanaan wisuda, panitia telah memberikan tutorial wisuda melalui sosial media UWKS Media Center sehingga orang tua dan wisudawan dapat memahami dan mempelajari di rumah," imbuhnya.

Alhasil, wisuda drive thru hari ini berjalan lancar dan khidmad. Mulai dari pemeriksaan suhu tubuh wisudawan di pintu masuk hingga prosesi wisuda berakhir. Setiap peserta wisuda masing-masing menghabiskan waktu kurang dari 7 menit.

Loading...

Dijelaskannya, dalam acara wisuda drive thru yang kali ini mengambil tema "UWKS bersiap go international" dengan harapan UWKS dapat bersiap untuk go international melalui peningkatan Panca Dharma Wijaya.

Diantaranya, Peningkatan Jumlah Doktor dan Guru Besar, Peningkatan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Peningkatan Kualitas Publikasi dan Prestasi, Peningkatan Pelayanan Kemahasiswaan dan Peningkatan Pemasaran dan Promosi.

Rektor juga menyampaikan, wisuda drive thru pada hari ini ikuti oleh 453 wisudawan dengan rincian 30 wisudawan dari Fakultas Teknik, 18 wisudawan dari Fakultas Pertanian, 53 wisudawan dari Fakultas Hukum.

Kemudian, Fakultas Ekonomi dan Bisnis diikuti 151 wisudawan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik diikuti 18 wisudawan, Fakultas Bahasa dan Sains diikuti 26 wisudawan, 76 wisudawan dari Fakultas Kedokteran dan 81 wisudawan dari Fakultas Kedokteran Hewan.

Berita Terkait