Cara Cek Nomor Telepon Bocor dalam Pembobolan Data Facebook

Ilustrasi peretas (Foto: www.freepik.com)

jatimnow.com - Situs web keamanan daring Have I been pwned telah meluncurkan fitur baru yang memungkinkan pengguna mengetahui dengan cepat apakah nomor telepon mereka bocor dalam pembobolan data Facebook.

Data pribadi 533 juta pengguna Facebook dicuri dan ditempatkan di forum peretasan pada Sabtu (10/4/2021). Data tersebut termasuk nama, alamat email dan nomor telepon mereka.

Have I been pwned telah lama memungkinkan orang untuk mencari tahu apakah email atau sandi mereka terungkap dalam pelanggaran data.

Namun pelanggaran Facebook mendorong Troy Hunt, analis keamanan yang menjalankan situs tersebut, untuk membiarkan orang mencari nomor telepon juga. Sebab, kumpulan data yang bocor berisi lebih banyak nomor telepon daripada alamat email.

Dilansir dari Business Insider, Selasa (13/4/2021), Hunt mengatakan dalam sebuah posting blog dia telah melihat jumlah orang yang belum pernah terjadi sebelumnya yang menggunakan Have I been pwned sejak pelanggaran Facebook terungkap ke publik.

Dia mengatakan pembaruan baru hanya akan berlaku untuk nomor telepon yang bocor dalam pelanggaran Facebook dan bukan kebocoran sebelumnya.

Untuk mencari nomor telepon, pengguna harus menggunakan format internasional, yaitu dengan kode negara dan area mereka. Contohnya pengguna Amerika Serikat harus menambahkan +1 dan kode area mereka sebelum nomor mereka.

 

Lihat Artikel Asli

Loading...

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama jatimnow.com dengan Republika.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Republika.co.id

Berita Terkait