Tips Aman dan Nyaman Berpuasa Bagi Pengidap Diabetes

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Ni'am Kurniawan

Dr. dr. Soebagijo Adi Soelistijo

jatimnow.com - Indonesia menduduki peringkat 7 dunia dengan penduduk pengidap diabetes mengacu data Diabetes Care Tahun 2019. Kondisi itu membuktikan bahwa masih banyak masyarakat Indonesia yang perlu memperhatikan kesehatan kadar gula dalam darah.

Mengingat kondisi tersebut, Siloam Hospitals Surabaya mengadakan acara bertajuk 'Bincang Sehat Bersama Siloam' yang digelar secara virtual pada Kamis (15/4/2021).

Dr. dr. Soebagijo Adi Soelistijo, spesialis penyakit dalam konsultan endokrin metabolik dan diabetes di Siloam Hospitals Surabaya memetakan, diabetes memiliki dua gejala, yaitu gejala akut dan kronis yang terkadang tidak disadari oleh sebagian besar masyarakat.

"Obat untuk diabetes tidak boleh ditakar atau ditentukan sembarangan secara mandiri. Pemakaiannya harus sesuai anjuran dokter agar sesuai dengan kebutuhan," ujar Soebagijo.

Soebagijo menambahkan, berpuasa bagi penderita diabetes diperbolehkan dengan syarat, yaitu memenuhi kriteria scoring.

"Disarankan bagi penderita diabetes untuk melakukan scoring bagi diri sendiri untuk mengetahui apakah kondisi tubuh memungkinkan untuk melakukan ibadah puasa atau tidak," terangnya.

Berikut tips dari Soebagijo untuk penderita diabetes yang sedang menjalankan ibadah puasa:

1. Jangan minum obat (kecuali metformin dan TZD) saat sahur, disarankan untuk mengonsumsi obat ketika berbuka.
2. Olahraga ringan tetap dianjurkan dan dilakukan setelah Salat Tarawih.
3. Pengaturan pola makan harus disesuaikan selama bulan puasa.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow4@gmail.com

Newsletter