Melihat Keceriaan Anak-anak saat Ikuti Sekolah PAUD Gratis

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Sandhi Nurhartanto

Keceriaan anak-anak saat mengikuti Sekolah Paud Gratis yang digagas Sekolah Murid Merdeka

jatimnow.com - Untuk mewujudkan akses pelayanan pendidikan yang merata bagi semua anak di masa Pandemi Covid-19, Sekolah Murid Merdeka (SMM) merilis Sekolah PAUD Gratis yang dilaksanakan secara daring.

Kepala Sekolah Sekolah Murid Merdeka, Laksmi Mayesti W menyebut bahwa setiap anak memiliki keunikan yang berbeda dan perlu dikembangkan secara kognitif sesuai dengan pertumbuhan mereka.

"Ini yang menjadi landasan kami mewujudkan Sekolah PAUD Gratis. Anak-anak sudah bisa ikut sejak bulan April 2021," kata Laksmi dalam siaran pers yang diterima redaksi, Senin (26/4/2021).

Laksmi melanjutkan, Sekolah PAUD Gratis hadir sebagai bentuk pengenalan terhadap kualitas layanan pendidikan serta kurikulum yang diberikan kepada siswa Sekolah Murid Merdeka.

Ditambahkan Laksmi, melalui program pendidikan gratis ini, Sekolah Murid Merdeka ingin memberikan kontribusi dalam menciptakan layanan pendidikan usia dini terbaik dengan metode yang berfokus pada penyesuaian tumbuh kembang anak-anak di Indonesia.

"Kami memiliki misi untuk memberikan mutu layanan pendidikan dengan metode belajar yang terintegrasi secara digital dan terpesonalisasi, sehingga dapat menyesuaikan dengan karakteristik anak," ungkapnya.

Menurutnya, Sekolah Murid Merdeka meyakini bahwa mendukung perkembangan anak sejak usia dini merupakan hal yang krusial bagi mereka agar dapat meraih kompetensi di kemudian hari nanti.

Adapun bentuk layanan yang terdapat dalam Sekolah PAUD Gratis yaitu antara lain Belajar Mandiri, Laporan Hasil Belajar, Rekaman Belajar Live dan Permainan Interaktif dengan Kurikulum 2013 (K-13) dalam sistem pendidikan Indonesia.

Menurut Laksmi, sejauh ini Sekolah Murid Merdeka berupaya untuk mendorong sistem belajar yang berfokus pada proses perkembangan belajar anak.

Kurikulum Sekolah Murid Merdeka juga menekankan proses belajar yang berfokus pada 9 kompetensi masa depan yaitu berorientasi tindakan, inovatif, cerdas, reflektif, mandiri, berkomitmen, berprinsip, komunikatif dan bekerja sama.

"Sekolah PAUD Gratis merupakan upaya Sekolah Murid Merdeka untuk menciptakan sistem belajar yang benar-benar fokus pada tumbuh kembang anak," tambah Laksmi.

Orangtua siswa seperti Ridha Hany merasa senang dengan Sekolah PAUD Gratis tersebut. Karena awalnya dia sempat bingung akan menyekolahkan anaknya di mana sampai pada akhirnya bergabung di sekolah ini.

"Bergabung di Sekolah PAUD Gratis menjadi salah satu hal yang sangat saya syukuri di masa tak menentu ini," ungkap Ridha.

Sistem pembelajaran jarak jauh yang diterapkan di Sekolah PAUD Gratis rupanya menjadi blessing in disguise bagi Ridha. Pasalnya dia dan orangtua murid lainnya terlibat pada jalannya kurikulum yang dikembangkan.

Selain itu, meski jarak memisahkan antara orangtua, murid dan guru selama masa pandemi, tapi tetap mampu mendekatkan satu sama lain.

"Saya juga bersyukur bahwa sekolah ini juga terbuka pada setiap masukan demi kami dan untuk berkembang bersama," ujarnya.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow4@gmail.com

Newsletter