Petani Panen, Harga Jeruk Nipis di PIOS Turun

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Sahlul Fahmi

Pedagang jeruk nipis di PIOS

jatimnow.com - Pasokan yang melimpah dari petani membuat harga jeruk nipis di Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) mengalami penurunan.

Jika sebelumnya jeruk pecel di PIOS harganya dibanderol Rp 6 ribu per kilogram, kini turun menjadi Rp 5 ribu per kilogram.

Salah satu pedagang di PIOS, Sunar mengatakan menurunnya harga jeruk nipis disebabkan permintaan belum mengalami peningkatan sedangkan pasokan yang masuk ke pasar induk yang berlokasi di Benowo, Surabaya itu lebih banyak dari biasanya.

"Barang memang lebih banyak dari biasanya, tapi permintaan belum naik. Jadi harganya yang turun," terang Sunar kepada jatimnow.com, Senin (3/5/2021).

Ia menyebut, melimpahnya pasokan yang buahnya banyak mengandung Vitamin C dan asam sitrat itu karena petani di wilayah Ujungpangkah Gresik yang selama ini menjadi pemasok utama ke PIOS sedang panen.

"Petani lagi banyak yang panen, karena itu mereka kirimnya juga banyak," ujar dia.

Ia memprediksikan jika harga jeruk nipis yang dapat digunakan untuk membuat minuman, obat batuk dan penyedap masakan dan mencuci rambut itu akan kembali naik menjelang lebaran dimana permintaan akan kebutuhan mengalami peningkatan.

"Paling seminggu lagi permintaan mulai naik. Biasa mendekati lebaran banyak permintaan," pungkasnya.

 

Berita ini kerjasama antara Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) dengan jatimnow.com

 

 

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow4@gmail.com

Newsletter