Lewat Teatrikal, Disparta Bersama Polres Batu Ingatkan Prokes & Bahaya Narkoba

Editor: Redaksi / Reporter: Advertorial

Aksi teatrikal untuk sosialisasi prokes Covid-19 dan bahaya narkoba di Kota Batu

jatimnow.com - Dinas Pariwisata (Disparta) bersama Polres Batu menggelar pentas seni teatrikal dalam rangka sosialisasi Covid-19 dan bahaya penyalahgunaan narkoba di Alun-alun Kota Batu, Sabtu (22/5/2021).

Pertunjukan dari Teater Air Kota Batu diperankan 5 orang. Uniknya, ada dua pemain yang diperagakan langsung oleh anggota Satresnarkoba Polres Batu, sehingga total ada 7 pemain yang memainkannya.

Adegan awal ditandai dengan adanya 5 pemain mengitari makam pecandu narkoba sembari menabur bunga. Mereka memakai baju hitam dari kantong plastik dan payung hitam bertuliskan azab Tuhan, pecandu mati sia-sia akibat narkoba.

Kemudian mereka merobek-robek baju plastik sebagai bentuk amarah. Lalu mereka bersenang-senang seperti minum minuman keras dan mengonsumsi narkoba akibat tidak adanya perhatian dari keluarga atau orangtua yang sibuk dengan urusannya sendiri tanpa memperhatikan sang anak gadis.

Selanjutnya, anak tersebut pun meninggal akibat mengkonsumsi narkoba, suara sirine dengan keras membuat pertunjukkan semakin seru. Tiba-tiba ada adegan kejar-kejaran, dua petugas kepolisian mengejar seseorang yang diduga bandar narkoba.

Untung saja bandar tersebut berhasil diringkus oleh petugas dengan aksi yang memukai dengan menjegal dan membekuknya seperti film laga.

Disparta dan Polres Batu menggelar sosialisasi prokes Covid-19 dan bahaya narkoba di Kota Batu dengan teatrikalDisparta dan Polres Batu menggelar sosialisasi prokes Covid-19 dan bahaya narkoba di Kota Batu dengan teatrikal

Setelah diamankan, orangtua dari anaknya yang meninggal akibat narkoba sangat terpukul. Dia berharap waktu bisa berputar kembali untuk memberikan perhatian lebih agar anaknya tidak terjerumus dalam dunia gelap narkoba dan cerita pun selesai diiringi tepuk tangan ratusan penonton.

Kasatresnarkoba Polres Batu, Iptu Yussi Purwanto mengatakan, diseminasi informasi kali ini dikemas dalam pagelaran seni. Kenapa begitu? Sebab lewat sesuatu yang menarik diharapkan ada ingatan yang kuat sebagai bentuk perlindungan diri dari godaan narkoba.

"Tadi menceritakan bahaya narkoba, dan benteng terkuat untuk mencegah adalah keluarga terdekat. Jadi hendaknya orang tua bisa memperhatikan putra-putrinya agar tidak terjerumus karena rata-rata kasus narkoba sejauh ini yang mendominasi yaitu usia-usia produktif. Harus berhati-hati, bahaya laten narkoba masih menjadi momok bagi seluruh lapisan masyarakat tak terkecuali di Kota Batu yang merupakan daerah jujukan wisatawan," jelas Yussi.

Ke depan, dalam pertunjukan-pertunjukkan seni, pihaknya bakal mengisi dengan sosialisasi yang serupa dengan menggandeng Disparta Kota Batu. Karena ia menilai lewat edukasi yang dikemas dalam suatu pertunjukan teater yang menghibur dan edukatif, dipastikan bisa merubah pemikiran masyarakat sehingga bisa lebih waspada akan bahaya narkoba.

"Sosialiasi bahaya narkoba harus terus digalakkan, sebelumnya secara kontinue bersama BNN Kota Batu kita berkolaborasi turun ke sekolah-sekolah, desa dan rencana ke depan yaitu tempat wisata atau tempat keramaian serta memanfaatkan media sosial," urainya.

Sementara Kepala Disparta Kota Batu, Arief As Sidiq mengatakan jika acara ini merupakan wujud keseriusan dan kolaborasi untuk mencegah bahaya narkoba masuk ke sendi-sendi kehidupan salah satunya dunia wisata.

"Nanti kita akan terus membuat gelaran seni yang diisi dengan sosialisasi bahaya narkoba. Harapan saya ke depan di tempat keramaian lalu pendopo, balai desa dan lain sebagainya bisa dimainkan teater seperti ini," ujar mantan Kadis Lingkungan Hidup ini.

Di tempat yang sama, Kabag Binopsnal Ditlantas Polda Jatim, AKBP Deny Kuncoro Feri Prabowo mengapresiasi acara tersebut. Katanya, dengan acara tersebut, masyarakat dengan mudah mendapatkan sosialisasi dan edukasi bahaya narkoba serta mematuhi prokes Covid-19.

'Acaranya bagus sekali. Pesan saya sinergi harus terus ditingkatkan, jauhi narkoba jangan sekali-sekali mencoba, laporkan bila mengetahuinya. Tidak lupa patuhi prokes demi mencegah penyebaran Covid-19," tutupnya. (Adv)

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow4@gmail.com

Newsletter