Maskapai Naikan Tiket Tak Wajar, Kapolri: Akan Diproses Hukum

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Mita Kusuma

Kapolri Jenderal Tito karnavian saat mengunjungi Tol Ngawi

jatimnow.com - Maskapai penerbangan diminta tidak menaikan harga tiket yang tak wajar pada arus mudik dan balik lebaran Tahun 2018. Jika melakukan pelanggaran, polisi akan memproses hukum.

Hal itu ditegaskan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian saat jumpa pers bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia Puan Maharani, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, meninjau arus mudik lebaran di wilayah Ngawi, Jawa Timur, di rest area di Tol Ngawi, Minggu (10/6/2018).

Dalam kunjungan itu juga hadir Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Jawa Timur seperti Gubernur Jatim Soekarwo, Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin, Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman.

"Maskapai melakukan kenaikan tidak wajar dan membuat masyarakat berat, maka akan kita lakukan langkah-langkah penegakkan hukum," ujar Tito Karnavian.

Kapolri menjelaskan, terkait arus mudik lebaran melalui udara, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Menteri Perhubungan.

"Tadinya ada informasi di beberapa tempat ada yang menaikkan tiket cukup tinggi. Sudah ketemu di Kalimantan Utara. Namun, kemarin Pak Menhub sudah melakukan koordinasi dengan semua maskapai untuk tidak menaikkan dan memberatkan masyarakat," tuturnya.

Ia menambahkan, Polri sudah bekerjasama dengan dinas perhubungan di masing-masing daerah, serta duduk bersama dengan semua cabang maskapai penerbangan.

"Untuk tidak menaikkan angka yang tidak wajar. Kalau sampai itu terjadi, akan diproses hukum," jelasnya.

Warning juga diberlakukan kepada moda transportasi jalur laut. Kata Tito, pihaknya sudah berkoordinasi dengan semua stakeholder terkait, agar arus mudik jalur laut ini lancar dan tidak ada kenaikan harga tiket yang tak wajar.

"Masalah harga tiket, kita jaga jangan sampai melonjak semaunya," tegasnya.

Reporter: Mita Kusuma
Editor: Arif Ardianto

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter