10 Warganya Positif Covid-19, Pemdes di Madiun Karantina Satu Kampung

jatimnow.com - 10 warga Desa Sewulan, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun dinyatakan terkonfirmasi Covid-19.

Kesepuluh warga yang positif Covid-19 itu dirawat di dua rumah sakit rujukan corona yakni RSUD Dolopo dan RSUD Joglo Dungus.

Loading...

Kepala Desa Sewulan, Sukarno mengatakan munculnya 10 warganya terkonfirmasi virus ini bermula dari salah satu orang positif Covid-19 karena kerap bepergian.

"Dimungkinan klaster dari warga kami yang memiliki mobilitas tinggi keluar daerah seperti Surabaya," ujar Sukarno, Rabu (23/6/2021).

Ia meneruskan, munculnya kasus positif setelah salah satu warga di RT 22 ada yang terpapar dan menulari keluarga dan tetangganya.

"Ada satu keluarga seperti bapak, anak, cucu, positif. Kemudian beberapa tetangga juga positif," kata Sukarno.

Setelah ditracing, ada 15 orang yang berkontak erat. Dari uji swab 15 orang itu, sembilan lainnya terpapar Virus Covid-19.

"Ini masih 9 yang terpapar. Sementara 6 warga lainnya masih menunggu hasil," lanjutnya.

Untuk memutus mata rantai penularan, Pemerintah Desa (Pemdes) Sewulan memutuskan mengkarantina satu kampung di RT 022 yang terdapat 25 rumah.

Tak hanya lockdown wilayah, warga yang sementara menjalani karantina dilarang pergi keluar dan pendatang juga dilarang masuk. Pihaknya juga memasang portal dan menempatkan sejumlah petugas di pos jaga.

Berita Terkait