Jembatan Suramadu Jalur Madura Dipadati Pemudik

Editor: Erwin Yohanes / Reporter: Arry Saputra

Kepadatan disisi jalur motor arah Madura./Foto: Arry Saputra.

jatimnow.com - Pemudik yang melintasi jembatan Suramadu pada H-1 lebaran nampak ramai pada Kamis (14/6/2018). Berdasarkan pantauan jatimnow.com di lokasi antrean di pintu masuk gerbang tol Suramadu baik untuk roda 2 maupun roda 4 terlihat padat.

Kepala Gerbang Tol Suramadu Mujiono memprediksi bahwa H-1 lebaran akan tetap terjadi kepadatan di sore hari. "Memang ramainya pemudik yang lewat tol Suramadu sekitar pukul 15.00 WIB," ujarnya.

Sama halnya seperti yang terjadi di angkutan umum, para pengendara kendaran pribadi juga telah banyak melakukan mudik sejak H-6 lebaran.

Berdasarkan data yang diberikan oleh Mujiono, pertumbuhan kendaraan baik roda 4 dan roda 2 sebesar 8 persen dibandingkan tahun lalu. Pertumbuhan ini dimulai dari H-6 lebaran. "Hal ini sama seperti kereta dan bus, pemudiknya tersebar merata," ujarnya.

Mujiono menambahkan bahwa jumlah kendaraan roda dua pada H-2 lebaran 2018 mencapai angka 45.000. Jumlah ini tak sebanyak tahun lalu yang pada H-2 tercatat ada 48.000 roda 2 melintasi jembatan Surabaya.

"Namun untuk roda 4 jumlahnya kurang lebih sama yaitu 16.000 unit kendaraan. Jumlah kendaraan yang melintas di jembatan Suramadu pada H-lebaran ini meningkat 200 persen dari jumlah kendaraan di hari biasanya," lanjutnya.

Mujiono memaparkan bahwa pada hari biasa kendaraan roda 4 sejumlah 9.000 unit sedangkan jenis roda 2 sejumlah 20.000 unit.

Namun, terjadinya pertumbuhan kendaraan ini hanya pada jalur Surabaya-Madura. Untuk kendaraan dari arah Madura menuju Surabaya masih belum ada kepadatan volume. Diperkirakan kepadatan akan terjadi ketika arus balik lebaran.

Reporter: Arry Saputra
Editor: Erwin Yohanes

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter