Pixel Code jatimnow.com

Bisa Picu Kebakaran, Puluhan Kabel Ditemukan saat Razia di Lapas Sidoarjo

Editor : Arina Pramudita Reporter : Achmad Supriyadi
Kabel yang ditemukan di blok hunian Lapas Klas IIA Sidoarjo.
Kabel yang ditemukan di blok hunian Lapas Klas IIA Sidoarjo.

jatimnow.com - Puluhan sambungan kabel yang berpotensi menyebabkan kebakaran ditemukan saat razia yang dilaksanakan di blok hunian Lapas Klas IIA Sidoarjo, Rabu (8/9/2021) malam.

"Kami melakukan pemeriksaan mendetail terutama untuk instalasi listrik menyusul adanya peristiwa kebakaran Lapas Kelas I Tangerang," kata Kepala Lapas Kelas IIA Sidoarjo Teguh Pamuji, Kamis (9/9/2021).

Teguh menambahkan, saat razia yang dilaksanakan, beberapa barang yang tidak boleh masuk ke blok ditemukan oleh petugas seperti sendok makan, kipas angin, satu buah pisau kecil dan korek api.

"Kami akan rutin melakukan razia di dalam hunian dengan harapan bisa menjaga ketentraman dan ketertiban di dalam lapas. Mengingat Lapas Sidoarjo ini merupakan bangunan lama yang dibangun pada tahun 1830," terangnya.

Baca juga:
Hasil Razia, Puluhan Motor dan Pelajar di Ponorogo Diamankan

Menurut Teguh, masalah yang dihadapi oleh Lapas Klas IIA Sidoarjo sama dengan lapas lainnya yakni kelebihan kapasitas warga binaan.

"Jumlah warga binaan pemasyarakatan yang ada di dalam lapas sebanyak 1.157 orang dari kapasitas sebenarnya sekitar 388 orang," tukasnya.

Baca juga:
Razia Rokok Ilegal di Tulungagung, Petugas Temukan Pita Cukai Palsu

Lapas Klas IIA, lanjut teguh, akan terus melakukan razia agar tidak ada peristiwa kebakaran seperti di Lapas Klas I Tangerang yang menewaskan 41 warga binaan.

"Deteksi dini yang dilakukan dengan razia di blok hunian narapidana dan ditemukan belasan kabel sambungan listrik yang dinilai potensi terjadinya kebakaran. Ini akan kami gelar secara rutin," pungkasnya.