jatimnow.com
Driver Ojek Online Belajar Digital Marketing untuk Tingkatkan Ekonomi

jatimnow.com - Teknologi yang semakin canggih menuntut masyarakat untuk terus mengikuti perkembangannya. Salah satunya memanfaatkan internet untuk menghasilkan uang.

Berlatar belakang hal tersebut, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang digital marketing di Surabaya, Delva Digital membuat pelatihan digital marketing kepada para pengemudi ojek online.

Pemilik Delva Digital Tom Liwafa mengungkapkan, dengan pelatihan ini diharapkan muncul banyak pelaku usaha baru dan pelaku UMKM memiliki bekal agar produknya bisa dipromosikan dengan benar dan laris di pasaran. Dengan semakin banyak UMKM baru, perekonomian di Indonesia juga semakin meningkat.

Hotel Sahid Surabaya 2222 Best Wedding Dates

"Kita memang mengajak pengemudi ojol agar melek digital marketing, dengan harapan pengemudi ojol bisa memiliki usaha sampingan selain sebagai ojol," terang Tom Liwafa, Minggu (3/10/2021).

Di pelatihan ini, Tom mengajarkan pengemudi ojol tentang tahapan marketing digital mulai dari awal hingga akhir. Salah satunya meningkatkan personal branding agar produk atau pelaku usaha dikenal masyarakat luas. Dengan ini pemasaran produk bisa ikut meningkat.

"Selain personal branding, kita harus pintar melakukan promosi produk. Salah satunya ikut berjualan di event tertentu atau bazar," ujarnya.

Namun dengan perkembangan teknologi, pelaku UMKM bisa memanfaatkan marketplace dan media sosial. Pengemudi ojol juga diajarkan bagaimana membuat lapak di marketplace agar lebih menarik.

Dia berharap dengan memiliki marketplace, pelaku UMKM bisa memasarkan produknya lebih luas dan mudah. Selain itu media sosial juga bisa digunakan untuk mempromosikan produk, salah satu yang paling sering digunakan saat ini adalah medsos Tiktok.

"Ada tiga hal yang harus diperhatikan saat promosi di media sosial, yaitu menampilkan foto produk yang menarik, copywriting dan menonjolkan keunggulan brandnya," jelasnya.

Selain menularkan ilmu marketing digital, Delva Digital juga mengajarkan pengemudi ojek online cara menghasilkan foto atau video produk yang menarik.

"Dengan kemajuan teknologi smartphone ditambah aplikasi editing foto dan video, pelaku UMKM bisa menghasilkan foto atau video produknya yang menarik untuk dibuat promosi," tegasnya.

Pelatihan digital marketing ini akan terus dilakukan setiap sebulan sekali.

"Untuk peserta tiap pelatihan akan terus berganti, agar masyarakat melek teknologi digital," tandas Tom.

Loading...

Pelatihan ini disambut antusiasme oleh pengemudi ojek online. Salah seorang pengemudi ojol yang juga peserta dalam pelatihan gratis itu, Anugrah Rizkianto mengaku dengan mengikuti pelatihan digital marketing, ia berkeinginan membesarkan usaha sampingannya.

"Saya punya usaha jualan skincare, ikut pelatihan ini agar bisa dapat ilmu soal digital marketing yang baik. Apalagi pelatihan dari Delva Digital ini gratis," ujar Anugrah.

Berita Terkait