jatimnow.com
Dicurhati Petani Soal Hama Tikus, Bupati Gresik Minta Anak SMK Ciptakan Robot

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani saat menghadiri acara Sapa Petani di Kecamatan Cerme.

jatimnow.com - Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani meminta anak SMK di Gresik untuk membuat robot pengusir tikus. Dengan adanya robot pengusir tikus tersebut nantinya diharapkan bisa menjadi salah satu cara dalam mengatasi permasalahan hama tikus.

Gagasan tersebut disampaikan Gus Yani saat dirinya beserta Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah, menghadiri acara Sapa Petani yang diadakan di Desa Sukoanyar, Kecamatan Cerme, Selasa (5/10/2021).

Dalam kesempatan itu Gus Yani dan Aminatun Habibah mendapat banyak curhatan seputar kendala yang dialami para petani setempat. Mulai dari hama tikus, pengairan, hingga permasalahan banjir yang menjadi bencana musiman bagi warga setempat.

Hotel Sahid Surabaya 2222 Best Wedding Dates

Dalam sesi tanya jawab dengan petani, Gus Yani lantas menanggapi curhatan petani mengenai hama tikus. Menurut Gus Yani untuk permasalahan tikus ini selain mencoba dengan cara tradisional juga perlu dicoba dengan memanfaatkan perkembangan teknologi.

"Anak-anak SMK kita ini pinter-pinter, langganan juara lomba robot. Kemarin saya sudah ketemu dengan anak-anak SMK Gresik untuk dibuatkan robot pengusir tikus," kata Gus Yani.

Usaha menciptakan robot pengusir tikus ini dirasa perlu, sebagai upaya pemerintah membantu petani mengatasi permasalahan hama tikus yang hingga kini masih menjadi momok yang merugikan petani.

“Dengan usaha yang beriringan antara cara tradisional dan cara modern ini, diharapkan masalah hama Tikus bisa dikendalikan,” harapnya.

Loading...

Berita Terkait