jatimnow.com
Pakai Baju Jaranan Buto, Penggiat Seni Harap Diperbolehkan Pentas di Banyuwangi

Penggiat seni dengan mengenakan busana Jaranan Buto Banyuwangi saat divaksinasi Covid-19

jatimnow.com - Dony Arinda (31), seorang penggiat seni asal Dusun Tugung, Desa Sempu, Kecamatan Sempu dengan mengenakan busana Jaranan Buto Banyuwangi menjalani pelaksanaan Vaksinasi Covid-19.

"Saya memakai kostum Jaranan Buto ini memberikan contoh teman-teman kesenian lainnya agar mau vaksin," kata Dony, Sabtu (9/10/2021).

Dony yang mengaku menggemari tari jaranan sejak duduk di kelas 5 SD itu kini memiliki sanggar sendiri meneruskan usaha dari kakeknya.

Menurutnya, selain mengajak pelaku seni lain agar mau divaksin, dirinya juga berharap agar pentas seni Banyuwangi kembali diperbolehkan untuk digelar.

"Saya berpakaian seperti ini berharap agar pemerintah daerah memperbolehkan kami pentas kembali. Baik di hajatan atau pun di tempat wisata," harapnya.

Sebelum pandemi, rombongan pelaku seni jaranan kelompok Dony tidak hanya pentas di Banyuwangi namun pernah diundang ke Kota Blitar dan Jember.

"Selama Pandemi Covid-19, saya dan rekan-rekan penggiat seni jaran hanya bisa ngamen di jalanan. Itu pun di daerah-daerah tertentu dan juga prokes yang ketat," tandasnya.

 

Loading...

 

Berita Terkait