Pixel Code jatimnow.com

Wujudkan Kesetaraan Gender, Pemkot Mojokerto Raih Penghargaan APE 2021

Editor : Narendra Bakrie   Reporter : Achmad Supriyadi
Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari atau Ning Ita menunjukkan penghargaan APE 2021 dari Kementerian PPPA
Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari atau Ning Ita menunjukkan penghargaan APE 2021 dari Kementerian PPPA

jatimnow.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto kembali menerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2021 dengan Kategori Madya (pengembang) dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A).

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari atau Ning Ita menerima langsung penghargaan berkat komitmen dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan serta memenuhi kebutuhan anak serta mendukung pelaksanaan Pengarusutamaan Gender (PUG).

Ning Ita menyebut bahwa Pemkot Mojokerto telah berkomitmen penuh dalam melaksanakan percepatan pengarusutamaan gender, sesuai Amanat Presiden Nomor 9 Tahun 2000 tentang Pengarusutamaan Gender yang menjadi strategi untuk mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender.

"Ini (penghargaan) merupakan bentuk pengakuan atas komitmen pemerintah daerah dalam mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam strategi pengarusutamaan gender (PUG). Kami sangat mengapresiasi Kementerian PPPA dalam menginisiasi diselenggarakannya Anugerah Parahita Ekapraya 2021," kata Ning Ita dalam rilis yang diterima redaksi, Senin (11/10/2021).

Ning Ita berterima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi, bersinergi dan berkolaborasi dengan pemerintah daerah dalam mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender di Bumi Majapahit.

Baca juga:
Komunitas Otomotif Beri Penghargaan Kapolres Ponorogo, Ini Alasannya

Sehingga mampu menciptakan pembangunan gender yang responsif. Serta mampu menciptakan keadilan bagi SDM perempuan yang memiliki potensi di berbagai bidang pembangunan.

"Kesetaraan gender bukanlah persaingan antara dua lawan jenis, laki-laki dan perempuan. Namun keduanya dapat memiliki aksesibilitas yang sama terhadap sumber daya, serta mampu berpartisipasi sekaligus terlibat penuh dalam proses pembangunan tanpa pembatasan. Sehingga kesetaraan gender di masyarakat menjadi lebih baik dan terhindar dari bentuk kekerasan apapun," papar dia.

Anugerah Parahita Ekapraya (APE) merupakan penghargaan yang diberikan kepada kementerian atau lembaga dan pemerintah daerah yang dinilai telah berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak serta memenuhi kebutuhan anak.

Baca juga:
Saat Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono Terima Penghargaan dari Polri

Penghargaan ini sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan kementerian atau lembaga dan pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam Strategi PUG.

PUG merupakan indikator pemantauan dan evaluasi pelaksanaan pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak (ADV).

Mencari Pemimpin Millenial untuk Surabaya
Jatim Memilih, Politik

Mencari Pemimpin Millenial untuk Surabaya

"Millenial perlu ruang, dan pengetahuan politik. Mereka butuh sosialisasi sehingga bisa memilih pemimpin yang tepat," ucap mantan Ketua PSI Surabaya, Erick Komala.