Dirut PT KAI: Penumpang Arus Balik Lebaran 2018 Meningkat 4,7 Persen

Dirut PT KAI Edi Sukmoro saat berdialog dengan penumpang di Stasiun Gubeng

jatimnow.com - Penumpang kereta api pada arus mudik 2018 meningkat 4,7 persen dibanding tahun sebelumnya.

Menurut Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Edi Sukmoro, peningkatan tersebut melebihi dari target awal yang ia perkirakan.

"Dari evaluasi kita, peningkatan penumpang sudah 4,7 persen," kata Edi saat sidak posko mudik lebaran 2018 di stasiun Gubeng Surabaya, Rabu (20/6/2018).

Edi mengatakan, peningkatan penumpang arus balik saat mudik lebaran tahun ini melebihi prediksi yang diperkirakannya, yakni 3,5 persen.

"Prediksi kita cuma 3,5 persen, tapi lonjakannya cukup lumayan dari H-10 lebaran sampai tanggal (20/6) meningkat 4,7 persen," katanya.

Sementara itu, dengan adanya kenaikan jumlah penumpang Edi mengintruksikan seluruh jajaran direksi untuk turun ke jalur agar penumpang selalu dalam kondisi aman.

"Untuk kenaikan itu direksi harus ikut turun dan menjamin setiap posko aman. Tapi posko yang kami buka ini mulai H-10 hingga H+10 lebaran nanti," pungkasnya.

Ia mengimbau kepada penumpang agar tidak membawa segala jenis hewan maupun tumbuhan ke atas kereta pengangkut penumpang.

"Selain itu, nanti disetiap boarding pass pasti akan diperiksa. Selain itu para penumpang yang sedang hamil dengan usia yang rentan hendaknya ditangguhkan atau diberi arahan," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Humas PT KAI Daop VIII Gatut Sutiyatmoko mengatakan, peningkatan jumlah pemudik terjadi pada H-2.

Loading...

"Saat lebaran mencapai 38.619 sedangkan arus balik puncaknya pada H+1 yang mencapai 41.437 pemumpang," ungkapnya.

Reporter: Fahrizal Tito
Editor: Arif Ardianto

Berita Terkait