jatimnow.com
Kalah Duel Lawan Korban, Terduga Pencuri di Banyuwangi Tersungkur

Tangkapan layar video CCTV yang merekam aksi korban melumpuhkan terduga pencuri di Banyuwangi

jatimnow.com - Aksi dugaan pencurian yang terekam kamera CCTV, viral di media sosial. Pencurian itu terjadi di toko sembako Dusun Kopen, Desa Genteng Kulon, Kecamatan Genteng, Kabupaten Banyuwangi.

Dari video rekaman CCTV yang beredar, pencurian yang terjadi di toko milik Indah Krisna (33) itu terjadi pada Senin (18/10/2021). Aksi itu diketahui saat karyawan baru saja membuka toko.

Salah satu penjaga toko, Riska Darman (20) menyebut, pencurian terjadi sekitar pukul 13.30 WIB atau selang 30 menit saat dirinya baru membuka toko. Saat pelaku merangsek masuk ke toko, dirinya sedang berada di lantai 2 untuk mengambil jemuran.

"Saat mau turun dari lantai dua, saya lihat di layar monitor ruang tamu yang tersambung ke tiga CCTV di dalam toko, ada orang mengenakan helm berada di meja kasir," tutur Riska kepada wartawan, Rabu (20/10/2021).

Hal itu membuat Riska berlari mengejar pelaku yang diketahui telah membawa kabur sejumlah uang dan satu unit ponsel yang berada di dalam laci meja toko.

"Pelaku sempat berusaha untuk kabur. Namun saya beranikan diri untuk melawannya dengan tetap memegang tanggan pelaku," ungkap Riska sembari menunjukkan rekaman CCTV saat kejadian berlangsung.

Pelaku yang panik kemudian berusaha melepaskan diri dari genggaman Riska dan mencoba keluar dari toko dengan menunggangi motor matik miliknya. Namun dengan cepat korban mendorong pelaku hingga terjatuh dari motor.

"Saya dorong pelaku hingga terjatuh dan ada empat orang tetangga yang membantu karena mendengar teriakan saya," tambah dia.

Dari video CCTV yang ditunjukkan Riska, terlihat pelaku sempat dihadiahi sepakan serta bogem mentah dari tetangga sebelah toko hingga membuatnya tersungkur.

Pelaku yang menurut kesaksian korban memiliki ciri-ciri rambut ikal, berperawakan tinggi dan berumur sekitar 50 tahun tersebut sempat diamankan warga.

Namun karena pelaku berdalih bahwa dirinya berniat untuk belanja dan rekaman CCTV yang menjadi bukti belum bisa dibuka lantaran pemilik sedang tidak berada di toko, akhirnya pelaku dibebaskan oleh warga.

Loading...

Padahal dari pengakuan Riska, pelaku sudah membawa uang Rp 120 ribu serta ponsel miliknya, yang akhirnya dikembalikan pelaku.

"Warga merasa kasian kepada pelaku lantaran sudah berumur. Selain itu uang serta ponsel yang diambil langsung dikembalikan kepada saya, sehingga tidak jadi dibawa ke kantor polisi," pungkasnya.

Berita Terkait