jatimnow.com
Komplotan Copet Penumpang Angkot Surabaya-Sidoarjo Diringkus, Begini Modusnya

Komplotan copet yang diringkus dipamerkan di Mapolsek Wonokromo, Surabaya

Surabaya - Komplotan copet yang kerap meresahkan penumpang angkutan kota (angkot) jurusan Surabaya-Sidoarjo diringkus Unit Reskrim Polsek Wonokromo.

Dua copet yang ditangkap itu bernama Mochamad alias Plolong (37), warga DKA Tegal, Surabaya dan Dedy Tryana (51), warga Dusun Dlopo, Desa Karangrejo, Kecamatan Ngasem, Kediri.

Keduanya ditangkap di sebuah rumah kos di kawasan Ambengan, Surabaya setelah dilakukan serangkaian penyelidikan. Sementara satu pelaku lain yang kini buron berinisial RD.

"Komplotan mereka ada tiga orang, yang kami amankan dua. Satu masih buron. Setiap beraksi mereka selalu bersama-sama," ujar Kapolsek Wonokromo, Kompol Rini Pamungkas, Jumat (29/10/2021).

Rini menjelaskan, modus yang dilakukan komplotan copet ini terbilang modus lama pelaku kejahatan. Mereka mengincar kendaraan umum jenis lyn yang banyak diminati penumpang.

"Para pelaku beraksi di lyn kuning dengan jurusan Terminal Joyoboyo hingga Pasar Larangan, Sidoarjo. Karena masih banyak penumpang yang menggunakan jasa lyn itu," jelasnya.

Setelah menentukan sasaran, komplotan ini berpura-pura menjadi penumpang. Rata-rata, komplotan ini naik di sekitar rel dekat Flyover Mayangkara. Seolah tidak kenal, tersangka Plolong, Dedy duduk berjauhan.

Sementara RD (DPO) duduk dekat pintu masuk untuk mengawasi situasi ataupun membuat seolah lyn itu sudah penuh.

"Agar jika ada yang naik lyn mengurungkan niatnya," tambah Rini.

Di dalam angkot, komplotan ini memiliki kode khusus untuk menentukan korban. Cukup dengan pandangan mata.

"Setelah itu, tersangka Dedy berpura-pura muntah hingga mengenai kaki korban," lanjutnya.

Menyadari situasi tersebut, pandangan korban fokus ke bekas muntahan itu. Kemudian, tersangka Plolong dan RD mengambil barang berharga korban di dalam tas.

Loading...

"Usai menguasai barang berharga korban, tersangka Plolong dan RD turun di sekitar Jalan Ahmad Yani. Sementara tersangka Dedy tetap berpura-pura mual," pungkas Alumni Akpol 2009 tersebut.

Dua copet yang meresahkan penumpang angkot diamankan di Mapolsek Wonokromo, SurabayaDua copet yang meresahkan penumpang angkot diamankan di Mapolsek Wonokromo, Surabaya

Berita Terkait