jatimnow.com
Mengenal Jember Cycling Experience, Ajang Bersepeda Sambil Mencicipi Kopi Lokal

Jember morning ride diikuti puluhan pesepeda di Jember. (Foto: Istimewa)

Jember - Puluhan pesepeda di Jember tergabung dalam acara Jember Cycling Experience melakukan hal menarik di Minggu (31/10/2021) pagi. Mereka gowes untuk bersilaturahmi, menikmati suasana pedesaan sembari mencicipi kopi dari petani lokal.

Acara ini diinisiasi Ecotransport Indonesia berkolaborasi dengan Komunitas Jember Koffiesta. Jember Cycling Experience adalah sebuah program bersepeda untuk mewujudkan lingkungan hidup lebih baik di Kabupaten Jember.

Program tersebut diikuti 40 pesepeda yang merupakan warga lokal, sekaligus untuk mempromosikan sepeda sebagai sarana transportasi ramah lingkungan yang dapat mengurangi polusi udara.

Jember cycling experience.Jember cycling experience.

Program Manager Ecotransport Indonesia Indra Pradana menjelaskan, kegiatan ini juga sebagai upaya mendorong tumbuhnya sustainable tourism di Jember. Terlebih perekonomian dan sektor wisata di Jember cukup terpuruk akibat dihantam pandemi Covid-19.

“Kabupaten Jember memiliki banyak aset dan potensi untuk dijadikan sebuah destinasi wisata bersepeda yang dapat menarik minat pesepeda dari berbagai wilayah di Indonesia bahkan dunia,” ujar Indra.

Acara ini sekaligus untuk mempromosikan produk lokal Jember dan tempat wisata yang sempat terpuruk sejak pandemi Covid-19. Uniknya, peserta juga diajak fun cupping kopi Jember yang digelar di Kedai Pak Yon di Jalan Bengawan Solo No 19, Sumbersari.

“Acara Jember Cycling Experience ini juga membantu mempromosikan produk lokal Jember termasuk tempat wisata yang cukup eksotis dengan lingkungan yang asri seperti lahan pertanian, perkebunan, suasana pedesaan yang tenang," jelas Indra.

"Bahkan untuk gelaran acara awal ini kami bersama komunitas penggiat kopi Jember Koffiesta menghadirkan fun cupping kopi Jember yang digelar di salah satu kedai kopi di jalan Bengawan Solo Jember,” imbuhnya.

Ada alasan kuat kenapa kedai kopi Pak Yon dipilih sebagai fun cupping. Menurut Indra, kopi di kedai tersebut berasal dari kebun sendiri dan konsisten menyajikan kopi-kopi Jember yang sudah berstandar petik merah dengan SOP pasca panen kopi, untuk menjamin konsistensi kualitas dan cita rasa.

Penyelenggara menyediakan sejumlah kopi lokal yang bisa dicicipi. Di antaranya Baban Silosanen, Sumberjati Silo, Mandigu Mumbulsari, Durjo Argopuro Sukorambi, dan Sukmo Elang.

"Kopi yang disajikan rata-rata berjenis robusta. Tetapi untuk kopi yang berasal dari gugusan Gunung Argopuro, juga memiliki varian Arabika," jelas pria kelahiran Jember, tersebut.

Fun cupping kopi Jember.Fun cupping kopi Jember.

Ke depan, lanjut Indra, pihaknya akan menyelenggarakan program lain seperti Jember Morning Ride. Sebuah program bersepeda yang diadakan hari minggu pagi, dan Jember Night Ride untuk program bersepeda yang diadakan hari rabu malam.

Loading...

“Melalui kegiatan bersepeda ini, kami juga mencoba menjalankan transisi dari pandemi menuju endemi dengan kegiatan olahraga dan melalui kegiatan ekonomi kreatif yang mengangkat tema produk lokal Jember dengan tetap menjalankan protokol kesehatan serta anjuran vaksin bagi semua orang," urainya.

"Bahkan kami juga merencanakan sebuah acara Jember Coffee and Cycling Festival 2022, sebagai ajang pesepeda sekaligus etalase bagi kopi Jember serta produk lokal Jember yang lain di tahun 2022, sekaligus bagian dari kampanye Jember Bike Camp, dan Jember Bersepeda Ke Sekolah dan Ke Tempat Kerja,” pungkas alumni Unair ini.

 

Berita Terkait