jatimnow.com
Banjir Rendam Dua Desa di Pacitan

Desa di Pacitan yang terendam banjir

Pacitan - Dua desa di Kabupaten Pacitan diterjang banjir, Kamis (11/11/2021). Sebanyak 7 rumah warga di dua desa desa itu dilaporkan terendam.

Banjir melanda setelah hujan dengan intensitas sedang mengguyur wilayah itu mulai Rabu (10/11/2021) malam hingga Kamis (11/11/2021) sore.

"Hujan memang cukup deras," ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan, Didik Alih Wibowo saat dikonfirmasi.

Hotel Sahid Surabaya 2222 Best Wedding Dates

Didik menyebut, dua desa yang terendam banjir itu adalah Desa Pagerejo, Kecamatan Ngadirojo dan Desa Belah, Kecamatan Donorojo.

"Tujuh kepala keluarga atau 30 jiwa yang terdampak banjir," ungkap Didik.

Menurut Didik, banjir yang terjadi merupakan luapan dari anak sungai di desa setempat yang tidak mampu menampung air.

"Ketinggian air dari 20 hingga 50 sentimeter," terang dia.

Didik menegaskan bahwa BPBD Pacitan terus berupaya melakukan penanganan. Di antaranya berkoordinasi dengan dinas terkait dan perangkat desa setempat.

"Untuk penanganan lebih lanjut melakukan assessmen, melakukan pembersihan sisa material dan mendistribusikan logistik kepada masyarakat terdampak," papar dia.

BPBD juga telah membentuk tim yang ditempatkan di setiap kecamatan di Kabupaten Pacitan, untuk melakukan penanganan bencana tahap awal.

Loading...

"BPBD membentuk Agen Siaga Bencana yang beranggotakan BPBD dan relawan lokal yang di tempatkan pada masing-masing kecamatan dengan tugas untuk mengedukasi dan melakukan penanganan bencana jika terjadi. Mereka telah dibekali pengetahuan evakuasi dan bencana," tandas Didik.

Berita Terkait