jatimnow.com
Peminat Calon Anggota KPU dan Bawaslu Pusat dari Jatim Disebut Rendah

Kepala Bakesbangpol Jatim, R. Heru Wahono Santoso usai ikut dalam sosialisasi pendaftaran anggota KPU dan Bawaslu Pusat di Surabaya

Jawa Timur - Pemerintah telah membuka seleksi penerimaan calon anggota Komisi Pemulihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) masa jabatan 2022-2027.

Sosialisasi digelar di Hotel Aria Centra Surabaya, Jumat (12/11/2021). Sosialisasi ini digelar karena pendaftar dari Jawa Timur disebut minim.

Turut hadir dalam sosialisasi tersebut beberapa organisasi masyarakat (ormas), akademisi hingga tokoh-tokoh di Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Jawa Timur.

Sosialisasi dibuka oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Jatim R. Heru Wahono Santoso. Heru berharap partisipasi warga Jatim untuk ikut mendaftar bisa meningkat.

"Sudah keliling untuk mensosialisasikan, karena kemarin ketika disosialisasikan secara online dan sebagainya, bersurat, memang jumlahnya ini tidak terlalu banyak. Oleh karena itu untuk menjaring sebanyak-banyaknya mereka langsung turun ke beberapa provinsi. Ada enam atau tujuh kalau nggak salah, dan salah satunya di Jawa Timur," terang Heru.

Heru menyebut bahwa sebelumnya pembukaan calon anggota KPU dan Bawaslu telah disosialisasikan secara online hingga bersurat ke kantor pemerintah kabupaten/kota, tapi masih nihil.

"Ini adalah batas akhir pendaftaran hari Senin. Harapannya warga Jawa Timur bisa ikut seleksi anggota KPU dan Bawaslu pusat. Sosialisasi itu sudah bersurat ke kabupaten/kota, tetapi ketika itu tidak optimal. Memang turun, waktunya mepet sekali," ungkap Heru.

Sosialisasi pendaftaran anggota KPU dan Bawaslu RI digelar di Hotel Aria Centra SurabayaSosialisasi pendaftaran anggota KPU dan Bawaslu RI digelar di Hotel Aria Centra Surabaya

Heru berharap warga Jatim yang memiliki kompetensi bisa ikut serta mendaftar.

"Warga Jatim semoga terpilih sebagai anggota KPU, karena warga Jawa Timur selalu terpilih," tambah dia.

Selain itu, melalui sosialisasi dan seleksi mendatang, Heru berharap tercipta para penyelenggara pemilu yang jujur, kompeten dan menjunjung tinggi marwah demokrasi.

"Kami berharap seleksi ini dapat menghasilkan figur-figur terbaik bangsa yang dapat mengemban tugas dalam menyelenggarakan pelaksanaan pemilu. Dan harapannya akan ada perwakilan Komisioner KPU dan Bawaslu dari Provinsi Jawa Timur," tandasnya.

Di tempat yang sama, Direktur Bina Ideologi Karakter dan Wawasan Kebangsaan Dirjen Polpum Kemendagri, Drajat Wisnu Setyawan berharap para calon anggota KPU dan Bawaslu yang telah lolos seleksi adalah mereka yang memiliki prinsip kenegarawanan dan prinsip-prinsip Pancasila.

Loading...

"Anggota KPU dan Bawaslu harus memiliki sifat-sifat kenegarawanan dan karakter Pancasila, agar bisa bekerjasama secara sinergis dengan pemerintah dan masyarakat untuk mendukung proses pelaksanaan demokrasi bangsa," papar Drajat.

Untuk diketahui, penerimaan pendaftaaran seleksi calon anggota KPU dan Bawaslu akan ditutup pada Senin (15/11/2021). Kemudian dilanjutkan dengan tahapan seleksi tertulis dan makalah, tes psikologi, tes kesehatan dan wawancara.

Pada akhirnya nanti, tim seleksi akan memilih 14 calon anggota KPU dan 10 calon anggota Bawaslu yang akan diserahkan kepada Presiden.

Berita Terkait