jatimnow.com
Pasca Longsor, Jalan Menuju Bromo Melalui Sukapura Dibuka

Pembersihan wilayah Sukapura dari longsor (Foto: Mahfud Hidayatullah/jatimnow.com)

Probolinggo - Akses menuju Wisata Gunung Bromo yang berada di wilayah Sukapura, Kabupaten Probolinggo kini kembali dapat dilintasi setelah sebelumnya sempat tertutup tebing longsor di beberapa titik.

Kabid Kedaruratan Bencana Kabupaten Probolinggo, Sugeng S Yoga mengatakan untuk membersihkan longsor diketrahkan alat berat dari Dinas PUPR.

"Pembersihan yang terparah menggunakan alat berat berada di kawasan Jurang Perahu di Desa Wonokerto, Kecamatan Sukapura pada Kamis (25/11) kemarin," katanya, Jumat (26/11/2021).

Baca juga: Jalan Menuju Bromo Melalui Sukapura Tertutup Longsor

"Alhamdulillah, proses pengerjaan tidak ada kendala apapun dan akses jalur mulai Sapikerep hingga Wonokerto sudah kembali normal dari sebelumnya yang hanya dipakai satu jalur saja. Namun sekarang dua arah jalur sudah normal," tambahnya.

Untuk mengantisapasi longsor susulan, Sugeng berharap kepada pelintas jalan saat hujan turun agar para pengendara untuk berhenti.sejenak.

"Karena saat hujan turun, tanah longsor berpotensi terjadi. Jadi lebih amannya memilih tidak.melanjutkan perjalanan sampai hujan terang," terang dia.

Sugeng juga meminta agar warga melakukan penanaman pohon atau rumput yang memiliki akar kuat dan bisa menyerap air untuk meminimalkan terjadinya longsor.

"Sehingga tidak terjadi erosi tanah di daerah tebing yang rawan longsor," pintanya.

Loading...

Seperti diberitakan sebelumnya, hujan deras dua selama dua jam mengakibatkan tanah longsor terjadi 10 titik di wilayah Sukapura jalur menuju Gunung Bromo tepatnya di desa Sapikerep hingga Desa Wonokerto pada Rabu (24/11).

Berita Terkait