Relawan dan Bantuan Terus Mengalir ke Korban Banjir Bandang Banyuwangi

Editor: Erwin Yohanes / Reporter:

Bantuan terus mengalir untuk korban banjir./Foto: Hafiluddin Ahmad.

jatimnow.com - Banjir bandang yang melanda empat dusun di Desa Alas Malang Kecamatan Singojuruh Kabupaten Banyuwangi mengundang reaksi banyak pihak.

Bantuan yang datang baik dari perseorangan maupun yang mengatasnamakan lembaga (instansi) kian berdatangan terhitung sejak Jumat malam hingga hari ini.

Mulai dari sembako, air mineral, pakaian bersih, makanan siap saji, bahan makanan seperti telur, daging ayam serta berbagai bantuan lainnya memenuhi kantor Balai Desa Alas Malang yang disulap menjadi posko tanggap bencana.

"Kalau jenis bantuan beragam mulai makanan, minuman, mie, air mineral dan lain-lain," kata Imam Santoso penjaga gudang dari BPBD di pos kantor Desa Alas Malang, Minggu (24/6/2018).

Sedangkan salah satu penyumbang, Ikrima (25) yang mengaku asal Desa Genteng Kulon Kecamatan Genteng menuturkan, setelah dirinya mengetahui adanya peristiwa banjir yang melanda Dusun Karangasem, Garit, Bangunrejo, dan Wonorekso, Jumat dua hari yang lalu, dirinya mengaku terpanggil untuk memberikan bantuan.

"Saya bongkar lemari, sebagian pakaian saya, adik, ibu, dan bapak saya minta untuk disumbangkan ke sini," urainya menunjukkan satu kantong plastik besar berisi pakaian layak.

Tak hanya itu, kata Ikrima yang saat itu ditemani oleh salah satu rekan kerjanya pada sebuah KSP di Kota Genteng, Novitasari (25). Saat dirinya keluar dari rumahnya, salah seorang tetangganya menanyakan mau dibawa kemana sekantong plastik hitam yang ia jinjing itu.

Lantas iapun menjawab, mau ke Alas Malang memberikan pakaian. Lalu dijawab oleh tetangganya yang biasa disapa ibu Dwi itu dan menitipkan satu kantong bahan makanan.

"Kalau yang ini (kantong plastik merah,red) dari bu Dwi tetangga kami berisi sembako. Mumpung hari Minggu," ujar Rima panggilannya.

Sementara itu, Soni Efendi yang mengaku dari Dusun Swalo, Desa Sumbersari, Kecamatan Srono bersama beberapa temannya datang sebagai relawan membantu warga masyarakat yang terpapar banjir bandang.

"Sejak pagi tadi saya sudah di sini," kata Soni.

Dia menyebutkan, tadi malam (Sabtu) sekitar pukul 20.00 WIB, mengatakan ada instruksi dari Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas yang meminta dari setiap desa untuk mengirimkan bantuan berupa tenaga atau sumbangan dalam bentuk lain.

"Katanya orang dari desa (Sumbersari) pak Bupati meminta bantuan dari setiap desa supaya membantu korban banjir di sini," terangnya.

Sementara itu, dari pantauan jatimnow.com, hingga pukul 13.30 WIB ini ratusan warga terlihat bergotong royong membersihkan akses jalan dari pertigaan Desa Alas Malang menuju Desa Gambor Kecamatan Singojuruh ke arah Kota Genteng.

Sekitar 20 truk dikerahkan untuk mengevakuasi material banjir dan dibantu 6 ekskavator mengangkut material banjir, pasir dan pohon-pohon.

Tumpukan material pasir masih terlihat di beberapa titik, potongan pohon-pohon juga masih terlihat pasca banjir bandang yang terjadi Jumat sekitar pukul 09.00 WIB itu.

Hingga kini, relawan-relawan bencana dari perorangan, Pramuka, TNI-Polri, BPBD, SAR, organisasi kemasyarakatan, pegiat komunitas berbondong-bondong membantu proses pemulihan daerah terdampak banjir.

Reporter: Hafiluddin Ahmad
Editor: Erwin Yohanes

 

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter