jatimnow.com

Dampak Erupsi Semeru, Rute Penerbangan di Atas Lumajang Dialihkan

Editor : REPUBLIKA.co.id Reporter : REPUBLIKA.co.id
Erupsi Gunung Semeru membuat jalur penerbangan dialihkan. (Foto: Istimewa) 🔍
Erupsi Gunung Semeru membuat jalur penerbangan dialihkan. (Foto: Istimewa)

jatimnow.com - Airnav Indonesia melakukan pengalihan rute penerbangan yang melintas di atas Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Dengan begitu, Airnav Indonesia memastikan operasional penerbangan tidak ada yang terdampak.

"Airnav Indonesia mengarahkan pesawat yang terbang pada rute di atas Gunung Semeru untuk terbang melewati rute di sebelah utara Pulau Jawa," kata Sekretaris Perusahaan Airnav Indonesia Rosedi dalam pernyataan tertulisnya, Minggu (5/12/2021).

Dia menuturkan, Airnav Indonesia juga melakukan antisipasi dengan koordinasi antar wilayah Flight Information Region (FIR) Ujung Pandang dan Jakarta. Rosedi mengatakan, untuk sementara tidak menggunakan rute W33 di sebelah selatan Surabaya.

Loading...

Baca Juga: Dampak Semeru Erupsi, Arus Lalu Lintas Dialihkan

Rosedi memastikan, Airnav Indonesia terus berkoordinasi dengan stakeholder penerbangan terkait. Selain itu juga bersiaga jika terdapat update informasi dampak erupsi Semeru yang berpotensi mempengaruhi operasional penerbangan.

Dia menegaskan, Airnav Indonesia berkoordinasi dengan penyelenggara bandar udara di Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. "Ini dilakukan untuk terus melakukan update hasil Paper Test yang dapat mengidentifikasi intensitas sebaran abu vulkanik di lokasi masing-masing," ujar Rosedi.

Rosedi menuturkan, Airnav juga melakukan update informasi terkait potensi dampak sebaran abu vulkanik terhadap operasional penerbangan. Selain itu juga melakukan langkah antisipasi terhadap potensi dampak abu vulkanik erupsi Semeru.

"Airnav akan melaporkan update informasi terkini, terutama kepada para pengguna jasa untuk memastikan semua penerbangan dapat terhindar dari sebaran abu Semeru," tutur Rosedi.

Baca Artikel Asli

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama jatimnow.com dengan Republika.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Republika.co.id

Loading...