jatimnow.com

Khofifah Beberkan Skema Tanggap Darurat Erupsi Gunung Semeru

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Mahfud Hidayatullah
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat meninjau dampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang (Foto-foto: Pemprov Jatim) 🔍
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat meninjau dampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang (Foto-foto: Pemprov Jatim)

Lumajang - Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa meninjau wilayah terdampak erupsi Gunung Semeru dan lokasi pengungsian warga di Lumajang, Minggu (5/12/2021). Dia menyebut mitigasi bencana di sana berjalan dengan baik.

"Kawan-kawan bisa melihat itu masih ada penanda jalur evakuasi. Ini berapa meter dari sini. Artinya bahwa titik-titik mitigasi itu, antara lain dari titik-titik evakuasi sudah disiapkan di sini," ujar Khofifah.

"Tetapi bahwa fenomena gunung berapi masing-masing daerah memiliki spesifikasi yang berbeda. Misalnya Semeru ini kan ada kubah-kubah di mana kemungkinan kalau sudah meluber itu, maka akan ada guguran," tambah dia.

Menurut Khofifah, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) harus terus bisa memberikan dan membantu update dari berbagai informasi yang bisa diakses, terutama para forkopimda di Kabupaten Lumajang.

Loading...

"Kemarin misalnya saya melihat dari Polres Lumajang sedah memberikan opsi jalur-jalur yang bisa dilintasi ketika ada jembatan yang putus. Pada titik-titik tertentu juga gardu-gardu yang sedang disiapkan untuk reaktivasi, 82 itu di titik-titik mana, PLN sudah menyiapkan," papar dia.

Sehingga, lanjut Khofifah, akses informasi detail itu penting bagi masyarakat, agar aspek penyelamatan jiwa masyarakat bisa dimaksimalkan.

Khofifah juga menyebut bahwa Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sudah mengirimkan tim rescue ke Lumajang.

"Sehingga koordinasi Forkopimda Kabupaten Lumajang dan kabupaten-kota terdekat sudah jalan. Jadi Bupati Malang sudah kirim tim. Jember juga sudah kirim tagana dan tim rescue. Kemudian dalam skala nasional dari BNPB," jelasnya.

"Nanti bersama-sama mendetailkan lagi bagaimana action plan saat tanggap darurat ini bisa memberikan pelayanan sebaik mungkin. Kemudian rehabilitasi nantinya kita melihat ketika ada rumah-rumah yang terdampak pada proses rekonstruksinya," sambung Khofifah.

Sementara Bupati Lumajang, Thoriqul Haq menyampaikan, seperti apa yang disampaikan Gubernur Khofifah, masyarakat yang menjadi prioritas segera dievakusi.

"Ibu-ibu, anak-anak. Yang lain ikut membantu sekaligus mengarahkan. Karena tim evakuasi nggak tau mana jalan, mana rumahnya siap. Ini yang sekarang sama-sama memberitahu kondisi yang ada di rumah masing-masing," ujar dia.

Terkait kendala, Thoriq menyebut bahwa medan evakuasi cukup berat.

"Salah satunya Kampung Renteng. Kita lihat kondisinya masih ada awan panasnya," tandasnya.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat meninjau dampak erupsi Gunung Semeru di LumajangGubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat meninjau dampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang