jatimnow.com

Gempa Jember, Beberapa Rumah di Ambulu Rusak

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Arina Pramudita
Rumah di Dusun Babakan Nongko, Desa Sabrang, Kecamatan Ambulu rusak akibat gempa pada Kamis (16/12/2021). (Foto: Nursih for jatimnow.com) 🔍
Rumah di Dusun Babakan Nongko, Desa Sabrang, Kecamatan Ambulu rusak akibat gempa pada Kamis (16/12/2021). (Foto: Nursih for jatimnow.com)

Jember - Dampak gempa Magnitudo 5,1 di Kabupaten Jember dirasakan warga Dusun Babakan Nongko, Desa Sabrang, Kecamatan Ambulu. Beberapa rumah alami keretakan dan kerusakan di atap pasca-gempa yang terjadi pukul 06.01 WIB.

Nursih, warga setempat menjelaskan, rumah miliknya hancur di bagian atap saat dirinya beraktivitas pagi. Anggota keluarga yang sedang tidur, berlari cepat begitu mengalami guncangan keras.

"Saya mau berangkat belanja, tiba-tiba keras goyangnya. Saya yakin gempa lagi. Saya balik pulang," ujarnya, Kamis (16/12/2021)

Loading...

Ia pun segera kembali ke rumah dan mendapati atap rumah ambrol. Sementara keluarganya sudah berada di jalanan depan rumahnya. "Ambrol. Alhamdulillah nggak ada yang kena jatuhan plavon dan genting," jelasnya.

Baca Juga: Jember Diguncang Gempa Magnitudo 5.1, Terasa di 9 Wilayah

Rumah di sekitar tempat tinggalnya, lanjut Nursih, juga mengalami keretakan dan kerusakan lebih parah.

"Itu rumah sebelah atapnya habis. Temboknya roboh. Semoga segera ada yang membantu di sini," harapnya.

Sementara itu, Plt Sekretaris BPBD Jember Heru Widagdo menjelaskan, saat ini pihaknya sedang melakukan assesment untuk mengetahui dampak akibat gempa yang berpusat di 42 KM Barat Daya Jember.

Ia meminta warga tetap tenang dan berada di luar rumah jika rumahnya alami keretakan dan tidak memaksakan diri untuk bertahan di dalamnya.

"Untuk Jember wilayah kota aman. Dampak paling terasa di Wuluhan, Ambulu. Kami masih lakukan assesment. Nanti kami laporkan," jelasnya.

 

Loading...