jatimnow.com

Pada Sadad, Pengungsi Erupsi Semeru Harapkan Kehidupan Normal

Editor : Arina Pramudita Reporter : Ni'am Kurniawan
Wakil Ketua DPRD Jatim Anwar Sadad saat menghibur anak-anak korban erupsi Semeru di pengungsian. (Foto: jatimnow.com) 🔍
Wakil Ketua DPRD Jatim Anwar Sadad saat menghibur anak-anak korban erupsi Semeru di pengungsian. (Foto: jatimnow.com)

Lumajang - Wakil Ketua DPRD Jawa Timur Anwar Sadad kembali mengunjungi para pengungsi korban erupsi Gunung Semeru. Beberapa titik lokasi pengungsian ia datangi, salah satunya posko pengungsian di SMPN 2 Pasirian Lumajang.

Kedatangan Sadad bersama Kepala Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan DR Ir Rina, sekaligus untuk menyerahkan bantuan berupa 200 karton ikan kaleng dan perlengkapan pengungsi, seperti makanan ringan, selimut, pakaian, dan lainnya.

Para pengungsi yang sudah sejak 6 Desember berada di pos pengungsian, mulai mengeluhkan kondisi posko. Mereka meminta agar pemerintah secepatnya membangunkan Rumah Hunian Sementara (huntara) atau Hunian Tetap (Huntap).

Loading...

"Pemerintah sudah menyiapkan areal seluas 120 hektar yang diperuntukkan sebagai tempat relokasi pengungsi," ujar Sadad, Selasa (21/12/2021).

Di depan para pengungsi, Ketua Gerindra Jatim itu meminta agar mereka bersabar. Saat ini pemerintah sedang menyiapkan skema untuk mengembalikan mereka ke kehidupan normal, karena pemukiman penduduk telah hancur diterjang Awan Panas Guguran (APG).

"Rencananya akan dibangun Huntara yang pembangunannya melibatkan TNI, BPBD, dan relawan, sambil menunggu dibangunnya Huntap," katanya.

Saat ini, lanjut Sadad, sekitar 2.500 keluarga telah kehilangan rumah tinggal akibat erupsi Semeru. Beberapa dari mereka juga telah kehilangan anggota keluarga, harta benda, maupun ternak yang bisa diberdayakan saat terhimpit.

"Setiap keluarga akan mendapatkan sebidang tanah seluas 10x14 meter dan bangunan sebagai tempat tinggal," imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, nampak Sadad dan para pengurus Gerindra disambut baik oleh para pengungsi. Beberapa kali mereka mengajak anak-anak di pengungsian untuk bernyanyi, shalawat, hingga memberikan gim berhadiah untuk kembali memacu semangat mereka.

Sadad juga menyerahkan sejumlah bantuan dari para kader Gerindra di Arab Saudi yang tergabung dalam DPLN Partai Gerindra Arab Saudi sebesar 4.450 Riyal. Bantuan itu diserahkan secara simbolis kepada Ketua DPC Partai Gerindra Lumajang, Indah Amperawati, yang juga menjabat sebagai Wakil Bupati Lumajang.

Penyerahan simbolis bantuan Gerindra Arab Saudi kepada Wabup Lumajang.Penyerahan simbolis bantuan Gerindra Arab Saudi kepada Wabup Lumajang.

Loading...