Jatim Memilih

Kapolda Jatim Ingatkan Netralitas Polri, Ini Sanksi yang Tak Netral

Editor: Arif Ardianto / Reporter:

Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin/dok.jatimnow.com

 

jatimnow.com - Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin mengingatkan kembali kepada anggota Polri untuk tetap menjaga netralitasnya di pilkada. Jika terbukti tak netral, maka Kapolda sudah menyiapkan sanksinya.

"Harapan saya dalam menghadapi proses pemungutan suara pada 27 Juni mendatang, netralitas TNI-Polri dan aparatur sipil negara (ASN) harus tetap terjaga," kata Irjen Pol Machfud Arifin saat kunjungan kerja ke Situbondo bersama Pangdam V Brawijaya Mayjen TNi Arif Rahman, Selasa (26/6/2018).

Kapolda menegaskan, jika ditemukan tak netral, maka ada tindakan yang harus diterimanya. "Bisa dimutasi jabatannya, bisa mutasi penempatan hingga PTDH (pemberhentian tidak dengan hormat)," tegasnya.

Machfud berharap agar dapat menjalankan tugas dan peran masing-masing penyelenggara pemilu secara profesional dan dilandasi komitmen moral dan disiplin kerja yang tinggi.

"Mari kita jaga situasi kamtibmas tetap kondusif dengan tidak melakukan black campaign, kampanye Sara dan ujaran kebencian di media sosial. Jangan gunakan tempat ibadah untuk kegiatan politik," ujarnya.

Kapolda menambahkan, jika ada dugaan tindak pidana pemilu, maka yang menanganinya adalah petugas dari unsur kepolisian, kejaksaan dan Panwaslu yang tergabung dalam Sentra Gakkumdu.

"Kita harapkan Sentra Gakkumdu dapat menjalankan perannya secara optimal, sehingga dapat menyelesaikan dengan tegas, tuntas dan dapat memberikan rasa keadilan kepada semua pihak," jelasnya.

 

Reporter: Jajeli Rois

Editor: Arif Ardianto

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter