jatimnow.com

3 Monumen Pengingat Waktu di Kota Probolinggo Mangkrak

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Mahfud Hidayatullah
Monumen pengingat waktu di Kota Probolinggo yang berada di depan Makodim 0820 jamnya rusak dan tidak berfungsi. (Foto: Mahfud Hidayatullah/jatimnow.com) 🔍
Monumen pengingat waktu di Kota Probolinggo yang berada di depan Makodim 0820 jamnya rusak dan tidak berfungsi. (Foto: Mahfud Hidayatullah/jatimnow.com)

Probolinggo - Tiga monumen pengingat waktu di sejumlah jalan di Kota Probolinggo mangkrak karena jam dindingnya tak lagi berfungsi.

Masing-masing monumen terdapat tiga jam dinding, jadi total ada 9 jam dinding. Namun semuanya mati, sehingga tidak lagi bisa dimanfaatkan warga untuk bisa melihat waktu terkini.

Dari pantauan jatimnow.com pada Rabu (5/1/2022), monumen pengingat waktu itu yang tak lagi berfungsi berada di pertigaan jalan depan Makodim 0820, di Jalan Panglima Sudirman depan pertokoan King, dan juga di pertigaan Kelurahan Jrebeng Lor, Kecamatan Kedopok, Kota Probolinggo.

Menyikapi hal itu, Kepala Bidang Konservasi dan Pertamanan Dinas Lingkungan Hidup Kota Probolinggo Suciati Ningsih mengaku membenarkan jika kondisi jam yang ada pada monumen tersebut sudah lama mati.

Loading...

"Itu yang rusak bukan karena baterainya. Tetapi sudah mengalami kerusakan mesin pada jam itu. Karena kondisi jamnya sudah berumur tua," jelasnya.

Monumen itu merupakan salah satu ikon sejarah di Kota Probolinggo, Suci beranggapan tetap akan dilakukan perbaikan dan perawatan.

"Kita nanti akan sesuaikan dengan anggaran untuk dilakukan perbaikan untuk jam pada monumen tersebut," tegasnya.