jatimnow.com

Sepi Order Main Marionette, Idris Jual Boneka Kayu Karakter

Editor : Zaki Zubaidi
Boneka kayu Pak Paimin, salah satu karakter yang paling berkesan bagi Idris. (Foto: Dok. Pribadi) 🔍
Boneka kayu Pak Paimin, salah satu karakter yang paling berkesan bagi Idris. (Foto: Dok. Pribadi)

Surabaya - Hampir tiga tahun, Idris jarang mendapat panggilan untuk bermain marionette (boneka tali). Selain karena sepi order, juga ditambah lagi akibat dampak pandemi Covid-19 yang memberlakukan banyak pembatasan aktivitas.

"Karena kan kegiatannya mengundang orang, berkerumun, kan ngga boleh. Ya akhirnya ngga bisa (manggung) sama sekali," ungkap Idris saat ditemui di House of Costumland Surabaya, Rabu (12/01/2022).

Mendapati kendala tersebut, Idris yang biasanya manggung di Car Free Day (CFD), ini tetap memproduksi boneka kayu karakter yang biasa ia mainkan. Selain itu, ia juga menerima pesanan sesuai karakter yang diinginkan konsumen.

Loading...

"Kalau di rumah, kadang ada yang pesan bikinkan karakter tertentu. Saya buatkan. Karena kegiatan di luarnya ngga bisa, ya untuk sementara waktu jalanin yang bikin karakter itu. Bikinnya ngga mesti juga sih," ujarnya.

Idris mengaku sudah menciptakan sekitar 30 boneka karakter. Dengan kisaran harga Rp800 ribu hingga Rp1,5 juta.

Idris saat berada di House of Costumland Surabaya.Idris saat berada di House of Costumland Surabaya.

Saat membuat karakter, Idris mengaku mendapatkan inspirasi dari lingkungan sekitar.

"Terkadang melihat sendiri secara langsung gitu. Karakter yang tukang sampah itu, aku melihatnya setiap hari. Ia membersihkan sampah. Waktu saya lihat memang sebenarnya orang tua. Berjuang setiap hari, jadi petugas kebersihan,” cerita pekerja seni asal Jakarta ini.

Sedangkan untuk karakter pesanan, Idris biasanya mengerjakan sesuai permintaan konsumen. "Untuk pesanan itu kan karakter ya, kadang konsumen mintanya itu harus dimiripkan sama permintaan. Kurang lebih 90 persen kemiripan dengan foto yang dikirim, itu yang lumayan sulit,” katanya.

Idris berharap memiliki karakter dan cerita baru waktu yang akan datang. Selain itu juga bisa melakukan pertunjukan keliling lagi. "Bisa keliling lagi, bisa menghibur. Ngga cuma di Car Free Day-an aja, tapi di manapun. Nggak cuma anak-anak yang hanya bisa menikmati tapi orang dewasa juga," harapnya.

Reporter: Shella Shofiyannajah