jatimnow.com

Pengurus PBNU Terbentuk, Asrorun Niam Kembali Diamanahi jadi Katib Syuriah PBNU

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Ni'am Kurniawan
Asrorun Niam Sholeh. (Foto: PBNU) 🔍
Asrorun Niam Sholeh. (Foto: PBNU)

jatimnow.com - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf telah menetapkan dan mengumumkan daftar pengurus periode 2022-2027. Ketetapan tersebut dibuat melalui hasil rapat bersama antara Rais Aam ditunjuk, Ketua Umum terpilih serta Mid Formatur.

"Alhamdulillah kami telah berhasil membuat atau memutuskan susunan lengkap Pengurus Besar Nahdlatul Ulama di dalam rapat bersama formatur yang diikuti oleh Rais Aam dan wakil-wakil Rais Aam yang ditunjuk, Ketua Umum terpilih, dan Wakil-Wakil Ketua Umum yang ditunjuk serta para mide formatur," ujar Gus Yahya di Kantor PBNU, Jakarta Pusat, Rabu (12/1/2022).

Dari nama-nama pengurus yang diumumkan, ada pengurus lama yang kembali diberi amanah, di antaranya adalah Kiai Niam. Di periode sebelumnya, Asrorun Niam Sholeh menjadi Katib Syuriyah PBNU.

Saat Muktamar ke-34 dia memegang peran penting dalam kelancaran muktamar sebagai Sekretaris SC Muktamar, bersama Ketua SC Prof. M. Nuh. Dan dalam kepengurusan yang diumumkan oleh Gus Yahya, nama Asrorun Niam dibacakan dan dipercaya kembali sebagai Katib Syuriyah PBNU.

Loading...

Dari 23 pengurus di jajaran Katib Syuriyah, hanya 4 orang yang lama termasuk Kiai Niam. Sementara, dari 26 di jajaran Rais Syuriyah, ada 6 yang lama. Di jajaran Ketua Tanfidziyah, dari total 32, semuanya baru kecuali 4 orang, dan dari 21 pengurus kesekjenan, hanya 1 yang lama.

Saat dikonfirmasi terkait dengan kepercayaan ini, Niam menyatakan belum mengetahui persis karena dirinya sedang berada di Pesantren MQ Tebuireng untuk suatu urusan.

"Saya berada di luar kota, belum tahu persis. Tapi jika benar, ya ini amanah yang harus dijalankan dengan baik. Kalau Rais Am dan Ketua Umum percaya, berarti beliau yakin saya bisa mengembannnya. Bismillah, semoga bisa mengemban amanah ini dengan baik", ujar Niam saat dikonfirmasi.

Asrorun Niam Sholeh memang layak memperoleh amanah ini. Niam merupakan mantan Ketua PP IPNU yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Majelis Alumni IPNU. Di organisasi kemahasiswaan, ia juga mantan Ketua Umum PMII Jakarta Pusat yang saat ini juga menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal PB IKA-PMII.

Di luar NU, Niam juga dipercaya sebagai Ketua PP MES (Masyarakat Ekonomi Syariah), Wakil Sekretaris Dewan Syariah Nasional, dan Ketua MUI Bidang Fatwa. Saat ini menjabat sebagai Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora serta Dosen UIN Jakarta.

Loading...