Pixel Code jatimnow.com

Bangkitkan Gairah Seni Kota Batu Melalui Gallery ERhibition 2022

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Galih Rakasiwi
Wali Kota Dewanti Rumpoko bersama jajaran SKPD membuka Gallery ERhibition 2022 di Balai Kota Among Tani Kota Batu (Foto: Galih Rakasiwi/jatimnow.com)
Wali Kota Dewanti Rumpoko bersama jajaran SKPD membuka Gallery ERhibition 2022 di Balai Kota Among Tani Kota Batu (Foto: Galih Rakasiwi/jatimnow.com)

Kota Batu - Untuk membangkitkan gairah seni budaya di Kota Batu, Among Tani Foundation (ATF) menggelar Gallery ERhibition 2022 di Gedung Graha Pancasila, Balai Kota Among Tani, mulai Rabu (19/1/2022) sampai Sabtu (22/1/2022).

Acara itu digelar bertepatan dengan peringatan hari jadi ke-35 pernikahan Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko dengan Eddy Rumpoko, Wali Kota Batu Periode 2007-2017. Lebih spesial lagi karena pelukis Kota Batu juga memberikan hadiah berupa lukisan mereka berdua.

Selain itu, pameran beranekaragam lukisan koleksi Eddy Rumpoko dan seniman Kota Batu tersebut juga diiringan kesenian lokal Kota Batu.

Banner Morula IVF Landscape

"Nanti dalam pameran setiap harinya berbagai macam kesenian lokal Kota Batu juga ditampilkan secara bergiliran. Contohnya saat pembukaan acara ini, akan ada arak-arakan tari tradisional, karsa budaya, demo lukis dan musik keroncong," jelas Humas ATF, Septi Widi.

Tidak itu saja, pada Kamis juga akan ada Sinau Lukis untuk anak-anak TK dan SD se Kota Batu, yang dibimbing langsung oleh seniman lukis setempat secara gratis. Setelah itu, ada penampilan musik akustik di sore harinya dan musik gambus pada malam harinya.

Wali Kota Dewanti Rumpoko bersama jajaran SKPD membuka Gallery ERhibition 2022 di Balai Kota Among Tani Kota BatuWali Kota Dewanti Rumpoko bersama jajaran SKPD membuka Gallery ERhibition 2022 di Balai Kota Among Tani Kota Batu

"Dan Jumat pagi akan ada Sinau Lukis. Setelah itu pada sore harinya akan ada pertunjukan jaran kepang dan malam harinya dilanjutkan penampilan kesenian reog," tambahnya.

Untuk penutupan event, mulai pukul 08.00-11.00 WIB akan ada penampilan musik keroncong oleh Moniez Keroncong. Di sela itu juga akan ada kegiatan melukis bersama di kanvas berukuran lima meter berlanjut sore hingga malam harinya akan ada penampilan tarian jaranan, sanduk dan penampilan dari sanggar karsa budaya.

"Seluruh rangkaian acara tersebut disajikan gratis untuk seluruh masyarakat Kota Batu. Untuk semakin memeriahkan acara, pihaknya juga mengundang sejumlah sekolah dari janjang TK hingga SMA sederajat," paparnya.

Nanti setiap sekolah bebas membawa berapa saja siswa-siswinya. Tidak ada batasan dari setiap sekolah. Meski begitu tetap event ini tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat.

"Selain menampilkan kesenian lokal Kota Batu, pada event itu juga akan ditampilkan ratusan lukisan karya anak-anak Kota Batu. Selain itu, juga akan dipamerkan 34 koleksi lukisan milik Eddy Rumpoko," papar dia.

Sementara Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko mengapresiasi dan mengaku terkejut dengan adanya acara tersebut. Menurutnya, tepat di tanggal 19 Januari ini, usia pernikahannya bersama Eddy Rumpoko genap berusia 35 tahun.

"Sekarang adalah hari bersejarah bagi saya dan bapak, karena sudah 35 tahun kami hidup bersama. Bahkan selama 35 tahun perjalanan pernikahan, baru kali ini ada hal seperti ini. Sebab itu, ini merupakan surprise yang sangat luar biasa," tutur Dewanti.

Loading...

Semua ini merupakan suatu perjalanan yang pendek. Banyak peristiwa susah maupun senang yang telah dilewati bersama. Sehingga di usia saat ini, harus ada instrospeksi yang dilakukan agar bisa mewujudkan hidup yang lebih baik.

"Di dalam event ini ada banyak koleksi lukisan bapak yang dipamerkan. Lukisan ini sudah dikumpulkan mulai awal kami menikah hingga saat ini. Karena selain senang lukisan, rekan-rekan beliau banyak yang menjadi seniman. Jujur saja saking banyaknya lukisan sampai bingung mau ditaruh di mana," pungkasnya.

Loading...