Jatim Memilih

TPS di Bojonegoro Sediakan Hadiah dari Iuran Honor Petugas KPPS


Proses pendistribusian kotak suara ke TPS di dusun terpencil/Foto: Polres Bojonegoro

jatimnow.com - Warga Bojonegoro. Jawa Timur hari ini juga memilih bupati dan wakil bupati yang akan memimpinnya untuk lima tahun yang akan datang.

Dua tempat pemungutan suara di kota minyak ini menyediakan beragam hadiah bagi pemilih yang menyalurkan hak pilihnya. Yaitu TPS 13 di Desa Sukorejo dan TPS 03 di Desa Mojokampung, di Kecamatan Kota.

Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) 13 Desa Sukorejo, Kecamatan Kota, Chumaidi menjelaskan uang yang dipersiapkan untuk menyediakan berbagai hadiah bagi pemilih merupakan berasal dari honor tujuh petugas KPPS.

Jumlah besarnya uang yang dimanfaatkan untuk hadiah bagi pemiih sekitar Rp3 juta, yang berasal dari honor KPPS dipotong masing-masing Rp270.000 per petugas ditambah bantuan dari masyarakat.

Di TPS itu berbagai hadiah dipajang, mulai pakaian wanita, helm, juga berbagai perabotan rumah tangga yang bisa dilihat pemilih yang datang.

"Banyak jenis hadiahnya. Caranya nanti disela-sela perhitungan perolehan suara diundi bagi pemilih yang datang," ucapnya, Rabu (23/6/2018).

Menurut dia, pemberian hadiah bagi pemilih sudah berjalan dalam berbagai pemilu sebelumnya, hingga pemilih yang datang ke TPS, bisa lebih dari 70 persen.

"Jumlah pemilih di TPS di sini sebanyak 372 pemilih," katanya.

Pemberian hadiah juga dilakukan di TPS 03 Kelurahan Mojokampung, yang menyediakan hadiah tempat mandi bagi pemilih yang datang dengan cara diundi.

"Antusias warga datang ke TPS cukup bagus. Di sejumlah TPS di desa kami coblosan belum buka warga sudah mengantre," kata Kepala Desa Sukorejo, Kecamatan Kota, Budi Suprayitno.

Hal senada disampaikan Ketua Panwaslu Bojonegoro M. Yasin, yang menyatakan pelaksanaan coblosan di TPS di daerahnya berjalan lancar.

"Pemantauan kami sejak semalam tidak ada hambatan dalam pelaksanaan coblosan," ucapnya menegaskan.

Seorang petugas KPPS 09 di Desa Sukorejo, Kecamatan Kota, Ely Estanty, mengatakan, ada sekitar 10 warga yang datang antre datang untuk mencoblos, meskipun pelaksanaan TPS belum dimulai.

"Warga sebelum pukul 07.00 WIB ada yang sudah datang antre di TPS," ujarnya.

Dalam pemilihan bupati dan wakil bupati di daerah setempat diikuti empat pasangan yaitu pasangan nomor urut 1. Soehadi Moelyono-Mitro'atin, yang diusung Partai Golkar dan Partai Demokrat, didukung PKS.

Sedangkan nomor urut 2. Mahfudhoh Suyoto-Kuswiyanto, diusung PAN, NasDem, dan Hanura dan nomor urut 3. Anna Mu'awanah-Budi Irawanto diusung PKB, PDIP dan nomor urut 4. Basuki-Pudji Dewanto diusung Partai Gerindra dan PPP.

Jumlah daftar pemilih tetap (DPT)di Kabupaten Bojonegoro sebanyak 1.026.229 suara di 430 kelurahan/desa yang tersebar di 28 kecamatan dengan 2.408 TPS.

 

Sumber: Antara


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter