Pixel Code jatimnow.com

Anwar Sadad Yakin Santri Paling Siap Hadapi Era Society 5.0

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Ni'am Kurniawan
Wakil Ketua DPRD Jatim Anwar Sadad saat menjadi salah satu narasumber dalam seminar nasional di Bangkalan, Madura (Foto: Dok. Gerindra Jatim for jatimnow.com)
Wakil Ketua DPRD Jatim Anwar Sadad saat menjadi salah satu narasumber dalam seminar nasional di Bangkalan, Madura (Foto: Dok. Gerindra Jatim for jatimnow.com)

Bangkalan - Ikatan Mahasiswa Bata-bata (Imaba), salah satu ikatan alumni santri pondok pesantren (ponpes) di Pamekasan, menggelar seminar nasional pada miladnya ke-17 di Bangkalan, Madura, Selasa (25/1/2022).

Seminar nasional iti dihadiri Wakil Ketua DPRD Jatim Anwar Sadad. Di depan para mahasantri itu, Sadad menjelaskan bahwa society 5.0 pada dasarnya bertumpu pada kemampuan personal untuk mengoptimalkan sumberdaya teknologi, khususnya teknologi digital, sebagai solusi.

Santri yang telah terbiasa mandiri di pesantren telah terlatih mencari jawaban atas permasalahan di tengah masyarakat.

Banner Morula IVF Landscape

"Saya yakin, santri paling siap menghadapi era society 5.0," ungkap Sadad.

Menurut Sadad, kultur pesantren memiliki sistem yang mendidik santri hidup mandiri. Namun tidak boleh hanya cukup di sana. Santri juga diminta melek teknologi, mengingat beragam sektor dunia informasi hingga bisnis telah terdigitalisasi dengan masif saat ini.

"Pesantren sebagai subkultural memiliki 'succes story', misalnya Bata-bata ini, dapat menjadi 'best practice' pengembangan santri dan pesantren menghadapi era disrupsi ini," sambung Ketua DPD Gerindra Jatim itu.

Pria yang akrab disapa Gus Sadad itu juga menyarankan agar para santri terus melakukan riset dan inovasi tentang pola perkembangan ilmu pengetahun, ditambah peningkatan jaringan komunikasi sehingga kohesifitas antar santri bisa semakin kokoh.

"Tugas pemerintah adalah melakukan mentoring terhadap para santri dan anak muda pada umumnya, agar bonus demografi dikapitalisasi sebagai aset dan keuntungan, bukan sebagai beban," papar keluarga Ponpes Sidogiri tersebut.

Loading...

Selain Sadad, seminar tersebut juga menghadirkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno, Bupati Sampang Slamet Junaidi dan Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin Imron.

Loading...