Forpimda Jatim Tinjau TPS Unik Nuansa Piala Dunia di Surabaya

Editor: Erwin Yohanes / Reporter:

jatimnow.com - Forum pimpinan daerah (Forpimda) Jawa Timur bersama Ketua KPU, Ketua Bawaslu Jatim, meninjau pelaksanaan coblosan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak Tahun 2018 di beberapa TPS di Kota Surabaya.

Diantaranya, TPS 06 Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Jambangan, yang dekorasinya unik bernuasan Piala Dunia 2018.

Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Kapolda Irjen Pol Machfud Arifin, Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman, Ketua KPU Jatim Eko Sasmito, Ketua Bawaslu Jatim M Amin dan rombongan lainnya menumpang bus dari Pemerintah Provinsi Jatim, meninjau TPS 06 Kebonsari, Kecamatan Jambangan, Surabaya, Rabu (27/6/2018).

Rombongan disambut Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Rudi Setiawan.

Pejabat forpimda ini menyalami masyarakat yang sedang antre menunggu panggilan petugas KPPS. Sedangkan petugas KPPS berdandan ala suporter sepakbola dari berbagai negara peserta Piala Dunia 2018, juga disapa Pakde Karwo, Kapolda dan Pangdam.

Meski petugas KPPS 06 Kebonsari sudah mendesain TPS bernuansa Piala Dunia 2018, partisipasi pemilih hingga pukul 11.00 WIB masih kurang dari 50 persen.

"Kalau di Surabaya, di sini (TPS 06 Kebonsari, Jambangan), animo masyarakat belum sampai 50 persen," ujar Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin di sela meninjau TPS 06 Kebonsari.

Sebelum mengunjungi TPS 06, rombongan Forpimda Jatim juga meninjau beberapa TPS lainnya di wilayah Kelurahan Darmo dan Kelurahan Mojo.

"Secara umum pelaksanaan kegiatan berjalan aman dan lancar. Partisipasi masyarakat di Mojokerto di perkampungan, di pedesaan lebih tinggi animonya," tuturnya.

Sementara itu, Budi Santoso Ketua RT 1 RW 2 Kelurahan Kebonsari yang juga penanggungjawab dekorasi TPS 06 bernuansa Piala Dunia 2018 mengatakan, memang sengaja mengkonsep TPS bernuansa Piala Dunia Rusia 2018, untuk menarik minta warga menggunakan hak pilihnya di pilkada serentak 2018.

"Kita juga berikan doorprize bagi pemilih yang sudah mencoblos. Bagi yang menendang bola dan masuk ke gawang akan diberikan doorprize seperti alat-alat dapur, ada sembako," kata Budi.

Dekorasi bernuansa Piala Dunia 2018 ini membutuhkan waktu selama dua hari kerja. Anggaran yang dibutuhkan sekitar lebih dari 2 juta. Sedangkan anggaran dari KPU hanya diberikan Rp 800 ribu.

"Ini teman-teman kompak. Ada yang menyumbang ini, menyumbang itu," jelasnya.

Reporter: Jajeli Rois

Editor: Erwin Yohanes

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter