Pixel Code jatimnow.com

Kapal Nelayan Karam Usai Tabrak Batu Karang di Pulau Bawean

Editor : Arina Pramudita Reporter : Sahlul Fahmi
Tangkapan layar dari video amatir kapal karam di perairan Bawean.
Tangkapan layar dari video amatir kapal karam di perairan Bawean.

Gresik - Kapal motor milik nelayan Lamongan karam setelah menabrak batu karang di Perairan Bhayangkara, Desa Kepuhteluk, Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, Minggu (6/2/2022) dini hari.

Dari informasi yang dihimpun, kapal motor tersebut berasal dari Kecamatan Paciran, Lamongan dan sudah beberapa hari menangkap ikan di perairan Bawean. Namun saat hendak pulang, kapal tersebut menabrak karang hingga karam.

Kecelakaan tersebut diduga diakibatkan cuaca buruk. Lokasi karamnya kapal motor sekitar 1 mil dari perairan Pulau Bawean.

Kanit Satpolairud Polres Gresik Pulau Bawean Bripka Sodiq Susanto mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan itu. Nahkoda dan Anak Buah Kapal (ABK) berhasil diselamatkan.

Baca juga:
Komitmen Pemkab Gresik Percepat Penanggulangan Kemiskinan di Pulau Bawean

"Saat ini menunggu air pasang untuk menarik kapal ke pinggir untuk dilakukan perbaikan,” kata Sodiq Susanto.

Sodiq mengungkapkan, kepolisian sudah melakukan identifikasi terhadap nahkoda dan ABK yang selamat untuk mendapat perawatan di puskesmas setempat.

Baca juga:
Aksi Penolakan Kenaikan Tiket Kapal Gresik-Bawean Terus Berlanjut

Adapun identitas koban diketahui adalah Mustadi (61) nahkoda, sementara para ABK yakni Agus, (35), Subapo (63), Peno (67), Gusji (60), Masrukin (60), dan Jud (60). Semuanya berasal dari Kecamatan Paciran, Lamongan.