18 Kabupaten/Kota di Jatim Sudah Rampungkan Rekapitulasi Data C dan C1

Editor: / Reporter: Arry Saputra

Komisioner KPU Jatim Divisi Teknik Muhammad Arbayanto.

jatimnow.com - Dua hari setelah pemungutan suara Pilgub, KPU Jatim telah menerima 94,66 persen data C dan C1 dari KPU kabupaten/kota. Tercatat telah ada 18 kabupaten/kota yang telah menyelesaikan rekapitulasi data C dan C1 100 persen.

"Masih ada 20 kabupaten/kota lain yang belum tuntas menyetor data. Bahkan ada 3 kabupaten/kota yang masih dibawah 50 persen," terang Komisioner KPU Jatim Divisi Teknis Muhammad Arbayanto.

Arbayanto menjelaskan ada 3 kabupaten/kota yang jumlah rekapitulasinya dibawah 50 persen. D ata yang seharusnya sudah rampung terunggah di Sistem Informasi Penghitungan (Situng) KPU Jatim, belum selesai dientri karena KPU kabupaten/kota kekurangan personel dan alat scan.

"Itu menurut keterangan teman-teman KPU Bangkalan. Tapi data C dan C1 nya sudah ada di kantor KPU masing-masing. Tinggal uploadnya yang susah," ujar Arba saat ditemui di kantor KPU Jatim, Jalan Tenggilis No 1, Jumat (29/6/2018).

Arba mengatakan ada satu pengecualian untuk situng, yaitu di kabupaten Sumenep. Meskipun data di Situng telah mencapai 70 persen, Arba menerangkan bahwa C dan C1 kabupaten Sumenep belum lengkap berada di kantor KPU.

Data yang belum tiba ini berasal dari Kecamatan Masalembu. "Kabarnya terkendala cuaca. Gelombangnya di sana masih tinggi," terangnya.

Informasi publik berupa Situng oleh KPU lebih akurat dari hasil hitung cepat lembaga survey. Karena data tersebut berasal dari data C dan C1 dari masing-masing TPS.

"Situng hanya informasi publik. Hasil resmi akan tetap berpatokan pada hitung manual yang dimulai kemarin (28/6/2018)," pungkasnya.

Reporter: Arry Saputra

Editor: Erwin Yohanes

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow4@gmail.com

Newsletter