Pixel Code jatimnow.com

Bikin Kaget, Pria Mirip Didi Kempot di Makam Godfather of Broken Heart

Editor : Sofyan Cahyono Reporter : Mita Kusuma
Bambang Surono, pria yang disebut mirip Didi Kempot saat di makam.(Foto: Dokumen Pribadi Bambang Surono)
Bambang Surono, pria yang disebut mirip Didi Kempot saat di makam.(Foto: Dokumen Pribadi Bambang Surono)

Ngawi - Cerita tentang Didi Kempot seolah tidak ada habisnya. Meski sang maestro telah meninggalkan dunia. Bahkan karyanya masih sering terdengar di seantero nusantara.

Makam Didi kempot berdiri megah di Dusun Jarisari, Desa Majasem, Kecamatan Kendal, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Suatu hari, ada yang menarik perhatian di makam Didi Kempot. Pasalnya, ada seorang peziarah yang mukanya mirip dengan Lord Didi.

Dia adalah Bambang Surono, warga Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Bambang tidak sendiri. Dia bersama istri dan anaknya. Pun bertamu di rumah Didi Kempot bertemu dengan istri pertama Didi Kempot, Saputri.

Banner Morula IVF Landscape

Rupanya, Bambang juga mempunyai nama panggung Bams DKW9. Artinya, Bambang Didi Kempot KW 9 atau tiruan yang paling jelek sendiri.

Pria kelahiran 1977 ini bercerita awal mulanya dijuluki mirip dengan Didi Kempot saat KKN 2020. Dia diolok-olok bidan desa Desa Pentur, Kecamatan Simo, Boyolali, pada 2020. Perangkat desa dan masyarakat setempat sering kali menilai parasnya mirip dengan Didi Kempot.

Apalagi saat perpisahan KKN, dia dengan berani tampil membawakan lagu Cidro dari Didi Kempot yang menjadi andalannya. Penampilan membuat warga setempat kagum kepada pria berusia 45 tahun tersebut. "Semua terkesima dengan penampilannya Saya. Ya, mulai itu saya dijuluki Didi Kempot KW 9. Saya punya nama panggung Bams DKW9, " ceritanya, Rabu (2/3/2022)

Namun jauh sebelum itu, Bambang pernah bertemu dengan sang maestro pada 2019. Saat itu HUT DPRD Boyolali. Bapak 3 orang anak ini berkesempatan satu panggung dan foto bersama dengan Didi Kempot.

Pengakuannya, Didi Kempot pun berpesan kepada dirinya untuk memanjangkan rambutnya. “Pas di acara HUT DPRD Boyolali itu dikasih kesempatan duduk di kursi VIP sampai akhirnya bisa foto sama Mas Didi. Selesai nyanyi, Mas Didi nyamperi saya bilang begini, ‘gondrongno rambutmu [panjangkan rambutmu],” kenangnya.

Bambang Surono menganggap pesan tersebut sebagai amanah, sampai akhirnya benar-benar memanjangkan rambutnya. Sampai pada Didi Kempot meninggal 5 Mei 2020. "Saya sering kesini (makam Didi Kempot). Saya minta restu kepada almarhum dan mbak Syaputri (istri pertama Didi Kempot)," tambahnya.

Menurutnya berkat menjalankan amanah Didi Kempot rejeki mengalir. Dia diundang je berbagai statiun TV. Juga dikontrak oleh Shopee untuk ikonnya.

Bambang tidak pernah mematok harga. "Tetapi mereka yang memberi sendiri. Banyak sekali istilahnya gelondongan, " terangnya.

Bambang pun tahu diri. Membawakan lagu Didi Kempot itu ada aturannya. Ada legalitas dan hak waris. Sehingga Bambang sudah minta izin ke Syaputri selaku istri pertama Didi Kempot.

Loading...

"Bila menyanyikan karya, royalti atau izin, Saya minta izin, pangestu. Ke depan menggunakan Didi kempot. Saya ingin melestarikan. Bunda Syaputri mengiyakan asal tidak melakukan recording atau YouTube," urainya.

Hingga kini, Bambang sering diminta untuk menyanyikan lagu Didi Kempot. Padahal dia sendiri sudah mempunyai single lagu.

Loading...