Pixel Code jatimnow.com

Monyet Betina Birahi di Jombang Mengamuk, Petugas Damkar Siramkan Air, Lho...

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Elok Aprianto
Petugas Damkar Jombang saat mengevakuasi monyet betina birahi yang mengamuk di rumah warga (Foto: PMK Kabupaten Jombang)
Petugas Damkar Jombang saat mengevakuasi monyet betina birahi yang mengamuk di rumah warga (Foto: PMK Kabupaten Jombang)

Jombang - Seekor monyet betina yang diduga dalam kondisi birahi mengamuk bikin khawatir warga Dusun Mutersari, Desa Ngrimbi, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, Rabu (9/3/2022).

Untuk mengevakuasi monyet itu, pemilik mendatangan petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Jombang.

Kepala Pos PMK Ngoro, Jombang, Samidi menjelaskan, monyet betina itu merupakan milik Eno Suparlan (63), warga Dusun Mutersari, Desa Ngrimbi, Kecamatan Bareng.

Samidi menegaskan, monyet betina tersebut sudah lama dipelihara di gudang samping rumah Suparlan. Namun akhir-akhir ini, monyet dengan tubuh besar setinggi 15 sentimeter itu kerap mengamuk.

Lantaran takut menyerang keluarga dan tetangganya, Suparlan meminta bantuan petugas Damkar Jombang untuk mengevakuasi monyet tersebut.

Baca juga:
Gagal Dijebak, Monyet Liar Masih Berkeliaran di Permukiman Warga

"Kondisi monyet sedang birahi, otomatis agresif dia. Jadi tuan rumahnya ketakutan," ujar Samidi.

Samidi menjelaskan, monyet itu dievakuasi oleh petugas Pos PMK Ngoro, Jombang sekitar pukul 10.45 WIB. Proses evakuasi cukup menyulitkan petugas karena monyet terus berontak saat akan ditangkap.

"Sempat menyerang petugas. Waktu ditangkap mau nyakar dan menggigit petugas," terangnya.

Baca juga:
Kawanan Monyet Liar Serang Permukiman, Warga Resah

Untuk menjinakkan, petugas Damkar akhirnya menyiram monyet itu menggunakan air. Sehingga monyet yang dalam kondisi basah kuyup menjadi jinak.

"Saat ini monyet kita amankan di Pos Damkar Ngoro. Sementara ini kita pelihara, kalau ada yang minta kita akan kasih," pungkasnya.