Pixel Code jatimnow.com

Warga Bareng Jombang Restorasi Motor Jadul Dua Silinder

Editor : Sofyan Cahyono Reporter : Elok Aprianto
Yamaha AS1 Twin 125cc milik Afif Roni Hamza warga Desa Bareng, Kecamatan Bareng Jombang.(Foto: Elok Aprianto/jatimnow.com)
Yamaha AS1 Twin 125cc milik Afif Roni Hamza warga Desa Bareng, Kecamatan Bareng Jombang.(Foto: Elok Aprianto/jatimnow.com)

Jombang - Afif Roni Hamza, warga Desa Bareng, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, memiliki hobi unik. Ia merupakan pencinta motor klasik. Bahkan rela memburu motor-motor lawas yang masih dalam kondisi orisinil untuk dijadikan koleksi.

Salah satu koleksi Roni adalah Yamaha AS1 Twin 125. Motor sport lawas pabrikan Yamaha miliknya dalam kondisi yang mumpuni jika hanya untuk bergaya. Meski usianya sudah tergolong tua.

Ditemui dirumahnya, ia mengaku bahwa motor jenis ini sudah mulai langka dan sulit dicari. Terlebih lagi dengan kondisi yang full orisinil. "Ini saja saya dapatnya bahan. Tapi memang dengan kondisi mesin yang utuh," ungkap Roni.

Banner Morula IVF Landscape

Bahkan Yamaha AS 1 keluaran 1969 miliknya tidak semuanya orisinil. Sebab motor yang sudah tua tentu juga mencari orisinil sangat sulit dicari. "Ini mungkin tingkat ke orisinilannya 80 persen," katanya.

Hal ini dikarenakan ada beberapa part yang harus diganti. Seperti jok yang sudah custom. Lalu holder yang sudah gantian. "Untuk yang lainnya saya biarkan orisinil," katanya.

Sedangkan untuk warna, tentu harus dilakukan pengecetan ulang. Sebab cat yang lama sudah usang. "Tapi untuk warna tetap sama biru," bebernya.

Untuk mesin masih belum mendapat sentuhan yang sempurna. Motor ini tidak digunakan untuk harian. "Kalau mempunyai motor-motor tua ini unik. Kadang senang, kadang juga gemes," katanya.

Loading...

Karena dari pengalaman memiliki Yamaha AS1, apabila motor dalam keadaan sehat sangat enak untuk digunakan. "Tapi ya kadang sering ngambek setelah digunakan. Terus dibiarkan normal kembali. Ini uniknya menggunakan motor tua," pungkasnya.

Loading...