Pixel Code jatimnow.com

Puluhan Jurnalis dari Berbagai Daerah Ikuti UKW PWI Malang Raya

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Galih Rakasiwi
Ketua PWI Malang Raya, Cahyono saat memberikan sambutan (Foto: Galih Rakasiwi/jatimnow.com)
Ketua PWI Malang Raya, Cahyono saat memberikan sambutan (Foto: Galih Rakasiwi/jatimnow.com)

Malang - Uji Kompetensi Wartawan (UKW) gratis untuk para jurnalis kembali digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya.

UKW kali ini digelar di Politeknik Negeri Malang (Polinema) selama tiga hari, mulai pra UKW dan pelaksanaan UKW mulai Rabu (30/3/2022) hingga Kamis (31/3/2022). Total ada 36 jurnalis dari berbagai daerah mengikuti UKW angkatan 40 ini.

Ketua PWI Malang Raya, Cahyono mengatakan, dalam UKW tidak ada satu pun peserta yang ditarik pembayaran, meski seharusnya setiap peserta mendapat beban hingga Rp 5 juta.

Banner Morula IVF Landscape

"Alhamdulillah bisa terselenggara dan tidak membebani peserta. Secara rinci ada satu jenjang madya dan lima kelas jenjang muda, lalu ada enam asesor yang betugas. Tiga asesor dari PWI Jatim dan tiga asesor lainnya dari Dewan Pers," terang Cahyono, Rabu (30/3/2022).

Cahyono menambahkan, UKW cukup penting karena merupakan amanat regulasi dimana semua wartawan harus kompeten di bidangnya.

"Ke depan program yang kita selenggarakan yaitu Orientasi Kewartawanan dan Keorganisasian (OKK) kedua," tuturnya.

Sementara Ketua PWI Jatim, Lutfil Hakim menyebut, kompetensi wartawan ini merupakan tanggung jawab yang harus dijalankan setiap insan pers sesuai amanat Dewan Pers.

Dia berharap, dengan mengikuti uji kompetensi, seorang wartawan dapat memiliki skill dan pengetahuan yang baik.

"Menulis saja tidak cukup. Seorang wartawan pengetahuannya harus luas, karena kualitas konten itu penting," ujar laki-laki yang akrab dipanggil Pak Item itu.

Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Budi Hermanto memberikan apresiasi terhadap PWI Malang Raya yang dua tahun ini sudah melaksanakan UKW sebanyak tiga angkatan.

"Kepolisian siap bekerjasama dengan teman-teman jurnalis demi peningkatan kapasitas. Semoga memberikan manfaat," tutur Buher-sapaanya.

Loading...

Acara pembukaan ditandai dengan penyematan tanda peserta kepada dua peserta UKW dari perwakilan muda dan madya.

"Harapan saya seorang jurnalis dapat membuat konten yang bermanfaat, sehingga memberikan dampak yang positif dan mencerdaskan masyarakat," pungkasnya.

Loading...