The Spoor Festival, Ajang Meramaikan Pasar Spoor yang Mati Suri

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Mita Kusuma

The Spoor Festival di Pasar Spoor

jatimnow.com – PT INKA tidak hanya jago dalam memproduksi kereta api, namun mereka juga jago dalam membina pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) . Setidaknya, sebanyak 800 UKM telah berada di bawah binaannya.

Dari 800 UKM itu, 20 diantaranya diikutkan dalam acara The Spoor Festival di Pasar Spoor Kota Madiun. Beginilah cara mereka untuk meramaikan Pasar Spoor yang seakan mati suri.

"Pasar Sepur ini kan hidup segan, mati juga tak mau. Karena sangat sepi. Makanya kami hidupkan dengan cara begini," kata Senior Manajer Humas PT INKA, M. Cholik di sela-sela acara itu, Selasa (6/3/2018).

Selain itu, PT INKA juga telah menyewa 4 stand di Pasar Spoor untuk dijadikan ajang pameran UKM bagi binaannya. Nantinya,  mereka secara bergantian akan menempati stand tersebut.

"Karena ada 800 UKM Binaan. Maka nanti secara bergantian, entah dua pekan sekali atau satu bulan sekali," katanya.

Menurut Cholik, ia sengaja menyewa empat stand itu karena melihat sepinya Pasar Spoor. Selain itu, Menteri BUMN juga memerintahkan untuk mendorong dan membangkitkan ekonomi dari sisi mikronya.

Pada kesempatan itu, Cholik juga memastikan bahwa dalam rangka mendukung para pelaku UKM, pihaknya sudah menyediakan kredit lunak. Sehingga semua pelaku UKM bisa meminjam dana tersebut dengan syarat-syarat yang telah ditentukan.

"Bunganya juga rendah. Kami ikuti aturan kementerian yang hanya memberi bunga satu tahun 3 persen. Itu sangat rendah," terangnya.

Tidak hanya sekedar memberi pinjaman dana saja. Cholik menjelaskan, PT INKA juga membantu pelaku usaha untuk memasarkan produknya.

"Kami bantu jual. Juga termasuk kami pesan. Kan ada UKM Souvernir, kami pesan ke mereka saat acara pisah sambut atau memberikan souvenir ke tamu," imbuhnya.

Di sisi lain, salah satu pelaku UKM, Wahyu, menjelaskan, sangat senang dengan adanya mitra binaan UKM. Apalagi banyak keuntungannya.

"Saya dari foto, video sampai membuat souvenir. Semua dibantu modal oleh INKA. Termasuk souvenir sekarang ini, INKA yang membeli," pungkasnya.

 

 

Reporter: Mita Kusuma

Editor: Arif Ardianto

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter