Pixel Code jatimnow.com

Opini

Puasa dan Suplementasi Probiotik Multistrain Cegah Hingga Sembuhkan Gastritis

Editor : Redaksi
Direktur PT Agro Mitra Alimentari (PT AMA), produsen suplemen kesehatan probiotik PRO EM-1, Ge Recta Geson (Foto: Recta for jatimnow.com)
Direktur PT Agro Mitra Alimentari (PT AMA), produsen suplemen kesehatan probiotik PRO EM-1, Ge Recta Geson (Foto: Recta for jatimnow.com)

Surabaya - Saat puasa, banyak penderita radang lambung (gastritis) yang salah kaprah dan terjebak pada mitos bahwa penderita gastritis tidak boleh puasa karena bisa membuat gastritis makin parah.

Bagaimana faktanya?

Detensi (keberadaan) makanan dalam lambung dan usus menstimulasi sel G memproduksi gastrin. Pada gilirannya gastrin menstimulasi sel parietal lambung memproduksi asam lambung.

Banner Morula IVF Landscape

Waktu lambung kosong lebih panjang ketika orang berpuasa. Artinya produksi gastrin dan asam lambung lebih sedikit pada orang yang berpuasa. Jika asam lambung menjadi tidak berlebihan, maka gastritis akan mereda.

Dalam keadaan kosong, lambung tidak bekerja mencerna makanan. Maka lambung medapat kesempatan untuk pulih dari gastritis sampai tukak lambung.

Di mana peran probiotik multistrain?

Keberadaan probiotik dalam lambung menstimulasi produksi prostalglandin. Ini adalah hormon yang diperlukan oleh sel goblet untuk memproduksi mucin atau lendir. Mucin mencegah dinding lambung dari gerusan asam dan pepsin.

Banyak penyebab produksi asam lambung berlebihan yang menjadi penyebab gastritis. Yaitu makanan atau minuman yang teralu asam, pedas, kopi, alkohol, obat antiinflamasi seperti NSAID, obat rematik dan stres yang berlebihan.

Riset terkini membuktikan 95 persen kasus gastritis disebabkan oleh dominasi bakteri jahat yang tahan asam Helicobacter Pylori.

Suplementasi probiotik multistrain akan menekan helicobacter pylori dengan kompetisi ruang dan nutrisi dalam lambung. Lebih jauh probiotik dapat memproduksi antibiotik alami pembunuh helicobacter pylori.

Seiring dengan berkurangnya proporsi bakteri jahat ini, maka produksi asam lambung menjadi normal sehingga gatritis mereda.

Manakala proporsi probiotik mencapai 80 persen, maka terbangun mikrobiota lambung yang beragam dan seimbang. Pada gilirannya mikrobiota menyeimbangkan respon imun sehingga keradangan mereda.

Setelah radang reda, maka dimulailah healing, proses penyembuhan luka. Metabolit probiotik multistrain menstimulasi stem sel berploriferasi dan berdiferensiasi menggantikan sel epitel yang rusak. Dengan demikian luka akan tertutup dengan sel asal yang fungsional bukan jaringan parut.

Loading...

PRO EM1 adalah suplemen kesehatan yang mengandung probiotik multistrain dan metabolit aktifnya, pembangun mikrobiota. Minum PRO EM1 sesudah makan sahur dan sesudah berbuka puasa dapat mencegah dan menyembuhkan gastritis selama berpuasa.


Penulis: Direktur PT Agro Mitra Alimentari (PT AMA), produsen suplemen kesehatan probiotik PRO EM-1, Ge Recta Geson

 

Loading...