Pascabanjir Bandang Banyuwangi, Wisata Air Terjun Lider Ditutup

Editor: Arif Ardianto / Reporter:

Jalur menuju air terjun Lider/Foto: Irul Hamdani

jatimnow.com - Wisata alam air terjun Lider di lereng Gunung Raung, Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi, ditutup bagi wisatawan maupun masyarakat umum. Penutupan dilakukan pascaterjadinya banjir bandang beberapa waktu lalu.

Penutupan itu diberlakukan sejak terjadinya banjir bandang di sejumlah aliran sungai di Kecamatan Songgon, yang berhulu di pegunungan Raung. Belum ada kepastian kapan wisata alam yang terletak di hutan Raung itu dibuka kembali.

"Wisata air terjun Lider ditutup hingga waktu yang tidak ditentukan," jelas Anggit, petugas Pos Keamanan Wisata Villa Bejong dan air terjun Lider saat ditemui Jatimnow.com, di kantornya, Selasa (4/7/2018).

Pengelola wisata terpaksa menutup jalur ke air terjun Lider sebagai langkah antisipasi jika ada banjir susulan. Sebab, cuaca di kawasan hulu masih sering diguyur hujan dengan intensitas tinggi. Terlebih jalur menuju air terjun Lider harus menuruni bukit dan melintasi sungai.

"Cuaca di kawasan hulu tidak menentu, kami tidak mau ambil resiko. Lebih aman jika antisipasi," tambahnya.

Pengelola wisata juga melakukan pengawasan ketat bagi pengunjung yang datang. Terlebih musim liburan sekolah seperti saat ini. Setiap pengunjung diminta untuk melapor ke Pos Keamanan untuk memberitahukan kemana arah tujuannya.

"Tapi jangan kecewe, karena wisatawan masih bisa menikmati alam pegunungan di Villa Bejong," tutupnya.

Dari pantauan jatimnow.com, tidak sedikit wisatawan yang belum mengetahui penutupan wisata air terjun Lider. Namun, tidak sedikit yang akhirnya mengalihkan tujuan wisatanya ke Villa Bejong.

 

Reporter: Irul Hamdani

Editor: Arif Ardianto

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter