Pixel Codejatimnow.com

Ramadan Now

Ayam Bumbu Laos, Menu Buka Puasa Favorit Warga Sampang

Editor : Narendra Bakrie  Reporter : Fathor Rahman
Ayam Bumbu Laos Sampang (Foto: Fathor Rahman/jatimnow.com)
Ayam Bumbu Laos Sampang (Foto: Fathor Rahman/jatimnow.com)

Sampang - Salah satu makanan andalan warga Sampang, Madura saat berbuka adalah olahan ayam. Salah satu olahan yang memiliki citarasa berbeda adalah ayam bumbu laos.

Ayam bumbu laos ini renyah, gurih dan kriuk, sehingga membuat penikmatnya selalu ketagihan. Terlebih dinikmati dengan sambel khas yang maknyus. Makanan ini menjadi salah satu favorit di Sampang.

Ima, pembuat ayam bumbu laos mengatakan, proses pengolahan menu ini tidak jauh berbeda dengan menu ayam lainnya. Namun penggunaan bumbunya yang sedikit berbeda. Di mana bumbu laos menjadi salah satu pembeda.

"Kalau olahan ayam kita wajib upayakan untuk renyah tidak keras. Sehingga daging lembuh tapi ada kriuknya," ungkap Ima, Selasa (5/4/2022).

Selain itu, kekhasan ayam bumbu laos juga terdapat pada sambal. Sebab sambalnya diolah dengan komposisi bahan khusus. Sehingga terasa pas di lidah.

Ima menyebut, untuk mendapatkan rasa khas pada ayam bumbu laos tidak mudah. Sebelumnya ia harus melakukan beberapa percobaan, hingga akhirnya memperoleh komposisi rasa dengan campuran yang tepat.

Baca juga:
Aston Gresik Hadirkan Tema 1001 Nights of Ramadan

"Percobaan sudah pasti dilakukan. Makanan agar jadi enak itu gampang. Tapi untuk yang punya khas dan berbeda dengan makanan lain, butuh perbandingan dan percobaan," jelas dia.

Perempuan yang merupakan Ketua Paguyuban Rampak Naong, salah satu komunitas pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) di Sampang tersebut mengaku, ayam bumbu laos bisa dinikmati semua kalangan, mulai anak-anak, dewasa hingga orang tua.

Sehingga, saat ramadan seperti ini, dia menyiapkan lebih banyak porsi, untuk mengantisipasi meningkatnya permintaan. Apalagi ayam bumbu laos ini tidak hanya dijual di rumahan, tapi juga dijajakan di pasar takjil.

Baca juga:
Mas Pj Ali Kuncoro Apresiasi Warga Mojokerto Lestarikan Nyadran Jelang Ramadan

"Alhamdulilah selama ini penikmat ayam bumbu laos lumayan banyak," pungkasnya.

Ayam bumbu laos itu bisa didapat penikmat kuliner di Jalan Imam Bonjol No. 23, Sampang.