Pixel Code jatimnow.com

Dinkes Sidak Mamin, Cegah Bahan Berbahaya dan Kadaluarsa di Kabupaten Kediri

Editor : Arina Pramudita Reporter : Yanuar Dedy
Dinas Kesehatan bersama Loka POM Kediri saat mendatangi swalayan di Kabupaten Kediri. (Foto: Humas Pemkab Kediri/jatimnow.com)
Dinas Kesehatan bersama Loka POM Kediri saat mendatangi swalayan di Kabupaten Kediri. (Foto: Humas Pemkab Kediri/jatimnow.com)

Kediri - Pemkab Kediri melalui Dinas Kesehatan bekerja sama dengan Loka Pengawas Obat dan Makanan (POM) Cabang Kediri menggelar sidak pengawasan produk olahan makanan di beberapa toko dan swalayan di Kabupaten Kediri.

Langkah ini menurut Kepala Dinas Kesehatan melaui Sub Koordinator kefarmasian, makanan dan minuman Niken Dewi Pamikatsih, bertujuan untuk melindungi masyarakat dari produk makanan yang mengandung bahan berbahaya, kadaluarsa, dan kemasan rusak.

"Dalam sidak kemarin (12/4/2022) kita menyasar wilayah barat sungai yaitu kecamatan Grogol. Kita masuk toko kemudian kita amati secara fisiknya mulai dari kemasan, kondisi produknya apakah sudah kadaluarsa," katanya, Rabu (13/4/2022).

Banner Morula IVF Landscape

"Untuk produk kemasan seperti makanan kaleng, jika kemasannya menggelembung dapat dipastikan tumbuh mikroba di dalamnya. Tak berhenti di situ, juga kita mengamati izin edarnya apakah sudah sesuai," lanjutnya.

Setelah berkeliling ke tiga lokasi, yang terakhir di wilayah kecamatan Ngasem, Dinkes menemukan beberapa produk pangan yang kemasannya rusak, nomor izin edar yang invalid (tidak sesuai), dan pula makanan yang sudah kadaluarsa.

"Dari temuan tersebut kita lakukan pembinaan dan informasi kepada pemilik toko bahwa di tempatnya ada produk yang tidak memenuhi syarat," terangnya.

Harapannya swalayan harus segera menarik produknya tersebut dari peredaran. Ke depannya, pihak swalayan diminta untuk lebih selektif lagi dalam menerima barang dari distributor.

"Kita akan memberikan informasi kepada penjual makanan yang layak diedarkan kepada konsumen adalah makanan yang berkualitas baik terhindar dari bahan berbahaya," tutupnya.

"Masyarakat harus lebih cerdas dalam memilih pangan terutama menjelang Idul Fitri. Selalu terapkan cek kemasan, cek label, cek izin edar," pesan LOKA Pengawasan Obat dan Makanan Rusdiah Fatatik.

Kegiatan ini tidak berhenti sampai di sini, mereka akan tetap melakukan pengawasan hingga setelah lebaran termasuk menjelang hari raya Natal dan tahun Baru.

Loading...

Dinkes Kabupaten Kediri gelar sidak makanan dan minuman di swalayan.Dinkes Kabupaten Kediri gelar sidak makanan dan minuman di swalayan.

Loading...