Pixel Code jatimnow.com

Polres Bangkalan Musnahkan 24 Ribu Petasan, Puluhan Rumah Alami Pecah Kaca

Editor : Sofyan Cahyono Reporter : Fathor Rahman
Pemusnahan petasan di lapangan tembak Kodim di Jalan Kapten Syafiri.(Foto : Fathor Rahman)
Pemusnahan petasan di lapangan tembak Kodim di Jalan Kapten Syafiri.(Foto : Fathor Rahman)

Bangkalan - Aparat Satreskrim Polres Bangkalan berhasil mengamankan puluhan ribu petasan 'Sleng Dor' dari rumah MM (28), warga Desa Langkap, Kecamatan Burneh, Kabupaten Bangkalan, Jumat (15/4/2022) malam sekitar pukul 23.00 WIB. Agar tak membahayakan warga setempat, petugas memusnahkan petasan di lapangan tembak Kodim di Jalan Kapten Syafiri.

Kapolres Bangkalan AKBP Alith Alarino mengatakan, puluhan ribu petasan disita dari rumah produksi. Tak hanya petasan, pihaknya juga mengamankan black powder atau bahan baku pembuatan petasan sebanyak 100 kilogram.

"Ada 100 kilogram lebih black powder dan 24 ribu biji petasan sleng dor yang kami sita," ujarnya, Sabtu (16/4).

Banner Morula IVF Landscape

Petasan tersebut memiliki daya ledak 3-4 kilometer. Jadi sangat membahayakan masyarakat sekitar jika petasan meledak di rumah produksi.

"Makanya kami lakukan pemusnahan. Karena jika petasan disimpan lebih lama di tempat tertutup maka akan memiliki daya ledak lebih tinggi," tambahnya.

Pemusnahan dilakukan setelah pihaknya berkoordinasi dengan tim gegana Polda Jatim. Prosesnya dilakukan jauh dari jangkauan penduduk. Meski begitu, warga setempat mengaku terdampak suara ledakan.

"Kami sudah lakukan pemusnahan jauh dari rumah penduduk. Namun memang ada beberapa penduduk yang terdampak, kami akan bertanggung jawab," imbuhnya.

Kini, polisi masih mendata rumah penduduk yang mengalami kerugian akibat ledakan tersebut.

Loading...

"Sementara ini ada puluhan rumah yang mengalami pecah kaca dan plafon runtuh. Masih kami data untuk nanti kami kroscek dan ganti rugi," pungkasnya.

Loading...