Pixel Codejatimnow.com

Program dan Aplikasi Siap Bahagia Antarkan BKKBN Jatim Raih WBBM

Editor : Zaki Zubaidi  Reporter : Farizal Tito
Irtama BKKBN RI Ari Dwikora Toni kunjungi kantor Perwakilan BKKBN Jatim di Jalan Airlangga Surabaya. (Foto: BKKBN for jatimnow.com)
Irtama BKKBN RI Ari Dwikora Toni kunjungi kantor Perwakilan BKKBN Jatim di Jalan Airlangga Surabaya. (Foto: BKKBN for jatimnow.com)

Surabaya - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jawa Timur berhasil meraih nilai terbaik sebagai Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) melalui inovasi layanan atau platfoam digital yang dinamai Siap Bahagia.

Kepala Perwakilan BKKBN Jatim, Maria Ernawati menjelaskan, Siap Bahagia adalah salah satu inovasi yang dibentuk BKKBN. Dalam platfoam tersebut, keluarga bisa konsultasi apa saja. Mulai dari masalah keluarga hingga terkait dengan Keluarga Berencana (KB).

"Siap bahagia itu adalah forum konsultasi melalui online yang berbasis website," ujar Ernawati, melalui siaran tertulisnya, Senin (18/4/2022).

Masyarakat bisa konsultasi soal keluarga hingga KB. Platform tersebut bisa diakses masyarakat melalui www.siapbahagia.com.

Selain online, pihaknya juga menyediakan layanan offline, masyarakat bisa datang langsung ke BKKB Jatim melalui layanan Pusyan Gatra (Pusat Pelayanan Keluarga sejahtera).

"Itu melalui website, jadi misalnya tidak online pun kita tetap ada di pusat pelayanan keluarga sejahtera," ungkapnya.

Baca juga:
Kampung Kanjeng Djimat Mojokerto Wakili Jatim Lomba KB Nasional

BKKBN Jatim dapat nilai terbaik WBBM melalui layanan tersebut dan layanan-layanan lainnya, BKKBN Jatim pun mendapat nilai WBBM terbaik di seluruh Indonesia.

Terdapat 6 aspek pemenuhan nilai dalam meraih WBBM yakni mulai dari manajemen, tata laksana, kapabilitas, Sumber Daya Manusia (SDM) sampai layanan publik.

"Dari 6 itu, alhamdulillah mungkin satuan kerja dari BKKBN hanya BKKBN Jawa Timur yang meraih predikat tertinggi WBBM," katanya.

Baca juga:
Angka Perkawinan Anak di Jatim Turun Signifikan

Sementara itu, Inspektur Utama (Irtama) BKKBN RI, Ari Dwikora Tono, mengatakan bahwa Jawa Timur sangat berperan penting dalam capaian kerja BKKBN Pusat. Hal ini mengingat, Jawa Timur memiliki penduduk yang cukup banyak di pulau Jawa.

"Sebagai salah satu provinsi di Jawa yang padat penduduk dan besar wilayahnya ketika dia capaiannya bagus tentu akan berkontribusi terhadap capaian lembaga," pungkasnya saat berada di BKKBN Jatim.