Pixel Code jatimnow.com

Ramadan Now

Yummy! Sensasi Gurih Pedas Besengek Belut Saat Berbuka Puasa

Editor : Sofyan Cahyono Reporter : Sahlul Fahmi
Besengek belut.(Foto: Sahlul Fahmi)
Besengek belut.(Foto: Sahlul Fahmi)

Gresik - Sudahkan Anda menentukan menu untuk buka puasa hari ini? Jika belum, besengek belut bisa menjadi pilihan. Sajian tersebut merupakan kuliner khas Desa Hendrosari, Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik.

Hendrosari memang dikenal sebagai salah satu desa kuliner di Kabupaten Gresik. Tak heran jika di desa tersebut banyak warung atau rumah makan yang menawarkan berbagai macam menu kuliner khas. Salah satu menu unik yang layak untuk dicicipi saat berkunjung ke desa yang memiliki Edu Wisata Lontar Sewu adalah besengek belut di rumah makan Putri Siwalan milik pasangan Senadi dan Saunah.

Besengek belut adalah masakan kuah bersantan yang berisi belut bakar setengah matang, dengan perpaduan bumbu pilihan yang dibuat dari rempah-rempah. Untuk itu, besengek belut memiliki cita rasa gurih dengan tingkat kepedasan sedang.

Banner Morula IVF Landscape

"Besengek belut termasuk menu kuliner khas Hendrosari. Ini adalah salah satu menu andalan di sini," kata Senadi, Selasa (19/4/2022).

Besengek belut.(Foto: Sahlul Fahmi)Besengek belut.(Foto: Sahlul Fahmi)

Senadi mengungkapkan, menu Besengek belut banyak diminati para pelanggannya. Bahkan sejak awal bulan Ramadan, besengek belut menjadi menu favorit para pelanggan saat berbuka puasa.

"Besengek belut termasuk menu yang banyak dipesan pelanggan,' ucapnya.

Sedang untuk harga, satu mangkok besengek belut dibanderol Rp40 ribu. Namun untuk para pelanggan yang hanya ingin porsi separuh, cukup membayar Rp25 ribu. Sebagai pelengkap menikmati buka puasa, pelanggan juga bisa memesan minuman dawet siwalan, minuman khas Desa Hendrosari yang wilyahnya memang banyak ditumbuhi pohon siwalan.

Loading...

"Menu makannya besengek belut lalu minumnya dawet siwalan, dijamin mantul," ujar Senadi.

Loading...