Pixel Code jatimnow.com

Wali Kota Mojokerto Sidak Mamin Jelang Idul Fitri, Ini Temuannya

Editor : Arina Pramudita Reporter : Achmad Supriyadi
Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari melakukan sidak di sejumlah lokasi. (Foto-foto: Achmad Supriyadi/jatimnow.com)
Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari melakukan sidak di sejumlah lokasi. (Foto-foto: Achmad Supriyadi/jatimnow.com)

Mojokerto - Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari menggelar inspeksi mendadak (sidak) di pasar, minimarket dan swalayan jelang Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

Harga beberapa komoditas seperti daging sapi, telur ayam serta daging ayam mulai merangkak naik. Seperti daging sapi yang sejak awal Ramadan naik mencapai Rp20 ribu per kilogram.

Ning Ita, sapaan akrab wali kota mengatakan, pemkot mengatensi temuan tersebut agar harga kebutuhan pokok segera stabil.

Banner Morula IVF Landscape

"Terjadi kenaikan harga menjadi atensi. Tadi kita lihat bersama daging sapi sudah hampir 20 persen dari harga Rp120 ribu menjadi Rp140 ribu," kata Ning Ita, Jumat (22/4/2022).

Ketersediaan daging sapi, lanjut Ning Ita, masih aman dan mencukupi di Kota Mojokerto. Ia pun memaklumi kebutuhan warga, sebab daging sapi merupakan salah satu kebutuhan pangan seperti untuk konsumsi ketika Idul Fitri.

"Kalau ketersediaan kebutuhan bahan pokok dan pangan di Kota Mojokerto saat Idul Fitri, aman. Tapi harganya ini yang perlu kita awasi agar tidak terjadi kenaikan," tegasnya.

Wali kota perempuan pertama di Mojokerto ini tidak hanya cek harga kebutuhan pokok, Ning Ita juga melaksanakan pengawasan terhadap makanan dan minuman (mamin) dalam kemasan.

Seperti parcel, frozen food, serta bahan kebutuhan pokok di sejumlah supermarket. Hasilnya, tidak ditemukan mamin dalam kemasan yang menyalahi aturan atau kedaluwarsa.

"Sejauh ini semua yang kita cek di lokasi tadi masa expired-nya tidak ada yang melampaui, tapi saat ini kita sedang melakukan uji terhadap bahan pangan dari beberapa komoditas nanti hasil kita sampaikan," paparnya.

Ning Ita mengecek etalase mamin di supermarket.Ning Ita mengecek etalase mamin di supermarket.

Loading...

Untuk itu, Pemda dalam waktu dekat akan melakukan operasi pasar (OP) murah sejumlah bahan kebutuhan pokok termasuk minyak goreng, guna stabilitas harga pangan di pasaran.

"Ke depan akan kita lakukan operasi pasar dan dilakukan di Pasar Tanjung, Pasar Prapanca dan Pasar Ketidur," pungkasnya.

Loading...