Pixel Code jatimnow.com

Pemudik Diprediksi Capai 37.818 Orang, Dua Maskapai Ajukan Extra Flight

Editor : Arina Pramudita Reporter : Zainul Fajar
Antrean penumpang pesawat di Bandara Internasional Juanda. (Foto: Zainul Fajar/jatimnow.com)
Antrean penumpang pesawat di Bandara Internasional Juanda. (Foto: Zainul Fajar/jatimnow.com)

Sidoarjo – Guna menghadapi lonjakan arus mudik lebaran 2022, dua maskapai penerbangan di Bandara Internasional Juanda telah resmi mengajukan extra flight.

General Manager Bandar Udara Internasional Juanda Sisyani Jaffar saat dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. Ia mengatakan jika saat ini ada beberapa maskapai penerbangan sedang mengajukan penerbangan tambahan.

Sisyani menerangkan, ada dua operator penerbangan yang telah mengajukan extra flight untuk periode libur lebaran, yakni Air Asia dan Lion Air. Kedua maskapai tersebut mengajukan untuk beberapa rute.

Banner Morula IVF Landscape

“Hingga tanggal 19 April 2022, Air Asia telah mengajukan 19 extra flight dengan tujuan Bali dan Lion Air total mengajukan 373 extra flight untuk 4 rute yakni Banjarmasin, Balikpapan, Bali, dan Pontianak. Periode pelaksanaan extra flight ini mulai tanggal 20 April hingga 20 Mei 2022,” ujar Sisyani, Minggu (24/4/2022).

Menurutnya, pengajuan extra fligh kedua maskapai penerbangan tersebut didasari atas prediksi melonjaknya penumpang pada H-2 atau H-3 lebaran. Pihaknya memprediksi jumlah penumpang tertinggi pada arus mudik mencapai 37.818 penumpang pada H-2 lebaran. Jumlah tersebut lebih tinggi dari rata-rata penumpang harian normal non peak season tahun 2022 sejumlah 22.299 penumpang, atau meningkat 70 persen.

“Jika pembandingnya adalah periode libur lebaran tahun lalu, akan terlihat pertumbuhan yang signifikan mengingat tahun lalu pelaku perjalanan dibatasi hanya untuk keperluan mendesak bukan untuk keperluan mudik. Jumlah penumpang selama periode Posko Lebaran tahun 2021 adalah 151.915 penumpang, tahun ini kami prediksi total penumpang pada periode yang sama dapat mencapai hingga 503.913 penumpang atau meningkat 232 persen,” urainya.

Sisyani juga mengimbau kepada seluruh calon penumpang yang akan berangkat untuk memperhatikan persyaratan penerbangan.

Loading...

“Guna kenyamanan, kami imbau para pengguna jasa yang akan berangkat melalui Bandara Juanda agar mempersiapkan dokumen persyaratan perjalanan serta memperhatikan betul terkait persyaratan penerbangan terkini,” tutupnya.

Loading...